4 Jalur Pendakian Resmi Rinjani Trekking untuk Menuju Puncak

Jika kamu menyukai aktivitas outdoor seperti trekking atau hiking, pengalamanmu tidak akan lengkap jika belum merasakan sensasi mendaki Gunung Rinjani yang pesona alamnya sangat tersohor ini.

Dengan ketinggian 3.726 mdpl dan terletak di utara Pulau Lombok, Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. Gunung ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan dikelilingi oleh hutan dan semak belukar seluas 76.000 hektar merupakan pemandangan yang asri bagi Gunung Rinjani.

Akses menuju Pulau Lombok sendiri dapat ditempuh melalui jalur darat menggunakan bus langsung Jakarta – Mataram dengan menyeberang 2 kali menggunakan kapal ferry. Selain itu, bisa juga ditempuh menggunakan pesawat terbang.

Tapi, jika ingin mendaki menuju puncaknya, kamu harus melewati salah satu dari 4 jalur Rinjani Trekking resmi. Dimana saja jalurnya? Berikut informasinya:

1. Jalur Pendakian via Sembalun

Rinjani Trekking
Image source: Insidelombok.id

Rinjani Trekking – Daerah Sembalun Lawang merupakan jalur yang ramai dilalui oleh pengunjung terutama oleh penggemar trekking. Rute yang dilalui adalah pintu utama Sembalun Lawang, kemudian mendaki selama 7 jam tiba di kawah Plawangan Sembalun.

Selain gerbang pendakian, Sembalun juga jadi lokasi traveler berlibur karena terdapat agrowisata. Udaranya cenderung dingin saat malam dan sejuk hingga sore hari.

Kamu akan melewati 3 pos untuk mencapai puncaknya. Setelah pos pertama di ketinggian sekitar 1.156 mdpl, perjalanan berlanjut ke pos 2 di ketinggian 1.500 mdpl dengan trek yang mulai menanjak. Terakhir, pos 3 ada di ketinggian 1.800 mdpl dengan waktu tempuh 1,5 jam.

2. Jalur Pendakian via Senaru

Image source: Phinemo.com

Senaru rutenya lebih menantang dan melelahkan, dimana pendakian dari pintu gerbang yang ketinggianya 600 Mdpl menuju 2676 Mdpl. Secara hitungan angka rute senaru treknya lebih terjal daripada rute Sembalun. 

Jalur Senaru sangat berbeda dengan Jalur Sembalun, di jalur ini lebih hijau karena vegetasi hutan heterogennya, jadi tak hanya ditumbuhi pohon pinus saja. Mulai dari batas Kawasan Taman Nasional sampai pos 3. Waktu tempuh di jalur ini sekitar 6 jam perjalanan.

3. Jalur Pendakian via Aik Berik

Image source: Thelangkahtravel.com

Jalur Aik Berik adalah jalur baru yang berada di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah. Pihak BTNGR membukanya di pertengahan bulan November 2018.

Pos pendaftaran berada di Jalan Raya Desa Aik Berik dan berdekatan dengan tempat wisata Air Terjun Benang Kelambu dan Air Terjun Benang Stokel. Hanya saja jalur pendakian ini tidak bisa mencapai puncak Gunung Rinjani.

Tinggi Plawangan ini sekitar 2.500 Mdpl. Kita bisa menikmati pemandangan sekeliling kawah, tepian danau Segara Anak, Gunung Baru Jari, dan Puncak Rinjani. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Plawangan Aik berik kurang lebih sekitar 7 jam pendakian. 

4. Rinjani Trekking via Timbanuh

Rinjani Trekking
Image source: Rinjani Web Net

Jalur Timbanuh berada di Desa Timbanuh, Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur. Pos pendakiannya ada di ketinggian sekitar 800 mdpl.

Fasilitas yang ada di Jalur Timbanuh masih tergolong minim. Belum banyak penginapan di sana dan pendaki disarankan untuk menginap di rumah warga saja.

Waktu tempuh pendakian dari pos pendaftaran ke Plawangan timbanuh kurang lebih 7 jam. Jika sampai di atas, kita akan tiba di sisi selatan Gunung Rinjani dan puncaknya bernama Orplas.

Padang bunga edelweiss akan menyapa pendaki sebelum mencapai plawangannya. Sebelumnya, ada hutan lebat yang harus kita tembus dan juga sungai jernih yang bisa dipakai untuk mengisi ulang persediaan air.

Tebing di jalur ini sangat terjal, sehingga perlu berhati-hati karena banyak kabar mengenai kecelakaan pendakian saat menuju Gunung Baru Jari.

Nah, itulah 4 rute resmi Rinjani Trekking untuk menuju puncak. Simak juga info dan tips trekking lainnya bersama VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang praktis dan simple!

VELO tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropical Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Kantong nikotin ini ditujukan bagi pengguna nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

VELO akan menemani keseruan aktivitasmu kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu kenyamanan orang di sekitar, karena kantong nikotin ini sepenuhnya bebas asap!

Hengky
Crafting stories about social issues, pop culture, & common knowledge.

Related Articles

Leave a Reply