4 Hal yang Unik Menjadi Ciri Ciri Musik Pop

Pasti tidak ada yang menyangkal bahwa musik pop merupakan salah satu musik yang sangat digemari di seluruh dunia. Mungkin kamu salah satunya? Namun apakah kamu tahu apa saja yang menjadi ciri ciri musik pop?

Sebelum membahas tentang ciri yang membedakan musik pop dengan musik yang lain, kamu harus tahu bahwa musik pop modern berasal dari Amerika Serikat dan Inggris. Genre turunan musik pop sendiri sangat banyak seiring dengan munculnya banyak musisi baru dari tahun ke tahun.

Nama-nama seperti Taylor Swift, Beyonce, Katy Perry, hingga Justin Bieber pasti sudah tidak asing di telingamu. Mereka bisa dibilang sebagai nama-nama besar dalam musik pop di Amerika Serikat. Sementara dari daratan Inggris ada Adele, Ed Sheeran, Sam Smith, One Direction, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, apa sih yang membedakan musik pop dengan musik lainnya? Yuk, simak 4 ciri khusus musik pop berikut ini.

1. Struktur musik

Secara umum, struktur musik pop sangat mudah dikenali karena terdiri dari lirik dan nada. Keduanya dirancang dengan sangat sederhana dan berulang agar mudah diingat para pendengarnya. Ini adalah salah satu alasan mengapa musik pop sangat banyak peminatnya.

Namun pencipta lagu pop biasanya juga melakukan modifikasi pada musik ciptaan mereka dengan menambahkan bagian lain seperti bridge yang menjadi jembatan antar lirik dan sesi instrumental khusus. Ada juga bagian yang disebut dengan hook, yang berisi kumpulan nada repetitif yang membuat Anda ketagihan ingin selalu mendengarnya.

2. Nada yang harmonis

Banyak musik pop menggunakan pilihan nada yang seragam dan sudah terbukti sukses menarik perhatian masyarakat.Pola ini biasanya akan terus digunakan hingga lintas generasi dan dekade. Jadi jangan heran jika kamu sering merasa ada kemiripan antara dua lagu pop atau lebih.

Kumpulan nada ini biasanya ditemukan pada bagian refrain yang terus diulang-ulang sebagai bagian utama yang paling ditonjolkan oleh musik pop.

3. Tempo bervariasi

Tempo musik pop sangat bervariasi. Seorang musisi memiliki ciri tempo khusus yang membedakannya dengan musisi lainnya. Ada tempo yang sengaja dibuat lambat dengan permainan nada-nada tinggi seperti yang sering ditemukan di lagu-lagu milik Adele.

Ini berbeda dengan lagu Madonna dan Shakira yang cenderung punya tempo cepat untuk mengimbangi penampilan energik penyanyinya di atas panggung.

4. Vokal unik dan berbeda

Karena musik pop sangat populer, maka penyanyi musik pop juga sangat banyak. Itulah mengapa penyanyi pop menghadirkan vokal unik yang berbeda sebagai identitas mereka. Sehingga saat orang mendengar suara mereka untuk kali pertama, mereka sudah bisa mengenali milik siapa suara tersebut.

Agar musik pop menjadi sesuatu yang unik dan berbeda, maka harus ada ciri sendiri yang membuatnya mudah dikenali. Hal ini juga harus diterapkan dalam kehidupan secara umum. Apa saja yang unik pasti akan membuatmu berbeda dan mudah diingat.

Inilah prinsip yang juga digunakan oleh VELO. VELO berani menjadi berbeda sebagai produk nikotin pertama yang ada di Indonesia. Orang dewasa pengguna produk nikotin yang usianya sudah di atas 18 tahun, bukan perempuan hamil atau menyusui pasti penasaran dengan VELO dan tidak ragu untuk mencobanya.

Yang membuat VELO unik dan berbeda dari produk nikotin lain adalah VELO bisa digunakan kapan saja dan di mana saja, tidak menyebabkan asap, dan tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply