4 Film Tokoh Perjuangan yang Seru Untuk Menemanimu di Akhir Pekan

Istilah tokoh perjuangan merupakan sebuah istilah yang merujuk pada orang-orang dalam sejarah yang berkontribusi dalam memperjuangkan kemerdekaan suatu negara, baik kemerdekaan secara sosial, ekonomi, pendidikan, kebudayaan, dan sebagainya. Pasti istilah ini juga sudah tidak asing lagi di telingamu.

Sebagai orang-orang yang rela berkorban, nama mereka memang sudah sepatutnya kita ingat. Tidak heran saat ini di jagat sinema di tanah air sudah banyak film-film yang membahas tentang kisah-kisah para tokoh perjuangan di Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka dan wujud pengabdian perjalanan hidup mereka sebagai tokoh penting.

Khususnya dalam jangka waktu 10 tahun terakhir, terdapat beberapa industri perfilman yang memproduksi film nasional tentang tokoh perjuangan. Bahkan film-film tersebut juga diangkat ke layar lebar. Keren kan?

Biasanya di weekend saat pandemi covid-19 apa yang kamu lakukan di rumah? Stay at home ya? Nah, untuk menemanimu menghabiskan waktu santai akhir pekan di rumah setelah sibuk bekerja selama berhari-hari, sebaiknya kamu menonton film-film tokoh perjuangan karya anak bangsa di bawah ini. Yuk, simak apa saja filmnya!

Wage (2017) mengisahkan sang tokoh perjuangan, Wage Rudolf Supratman

Siapa sih yang tidak tahu Wage Rudolf Supratman? Ia adalah seorang tokoh sejarah sekaligus pencipta lagu kebangsaan Indonesia, yakni Indonesia Raya. Kisahnya telah diceritakan secara lengkap dan detail dalam film Wage yang dirilis pada tahun 28 Oktober 2017, tepat saat kita merayakan Hari Sumpah Pemuda.

Dalam film tersebut, tokoh Wage Rudolf Supratman diperankan oleh Rendra Bagus Pamungkas dengan John De Rantau sebagai sutradara. Di dalam film ini dijelaskan bahwa Wage Rudolf Supratman merupakan seorang tokoh perjuangan sekaligus musisi yang berusaha mengobarkan semangat-semangat perjuangan melalui karya-karya musiknya.

Pasti kamu suka deh filmnya!

Kisah Soedirman dalam film Jenderal Soedirman (2015)

Nama Jenderal Soedirman merupakan nama yang kerap terdengar setiap kali kita berbicara tentang tokoh perjuangan. Nama ini bahkan sering diabadikan menjadi nama jalan di berbagai kota di Indonesia.

Dalam film Jenderal Soedirman, tokoh Soedirman diperankan oleh Adipati Dolken dan dibantu oleh berbagai artis ternama seperti Baim Wong yang berperan sebagai Soekarno, Annisa Hertami sebagai istri Soedirman, Mathias Muchus sebagai Tan Malaka, Nugie sebagai Mohammad Hatta, dan lain-lain.

Setting waktu dalam film ini adalah masa-masa setelah proklamasi, yakni saat Kota Yogyakarta masih menjadi ibukota negara kita.

Perjuangan sang pahlawan emansipasi wanita dalam Kartini (2017)

Kartini merupakan tokoh yang sangat ikonik dalam sejarah Indonesia. Ia merupakan salah satu tokoh perjuangan dari kalangan perempuan yang paling populer. Berkat Kartini, saat ini perempuan Indonesia pun bebas menikmati dunia pendidikan, sama seperti laki-laki.

Perjuangan yang membawa perubahan besar tersebut didokumentasikan dalam film Kartini yang rilis pada 19 April 2017.

Dalam film ini, kita dapat melihat akting para artis papan atas Indonesia seperti Dian Sastrowardoyo yang memerankan tokoh Kartini, Neysa Chan sebagai Kartini kecil, dan berbagai artis ternama lainnya.

Kisah perjuangan Soekarno dalam Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Sebagai bangsa Indonesia, kita tahu bahwa Soekarno merupakan salah satu tokoh perjuangan yang paling berpengaruh sekaligus merupakan presiden pertama Indonesia. Kisahnya dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka banyak menceritakan tentang perjalanan hidupnya pada masa Kolonial. Di sini juga diceritakan bagaimana pertama kali Soekarno terjun ke dunia politik hingga bagaimana ia jatuh cinta dengan Fatmawati.

Nah, itu dia 4 film yang wajib banget kamu tonton untuk weekend. Selain menghibur, film-film tersebut juga akan menambah wawasanmu lho! Waktu menontonmu akan lebih seru jika ditemani dengan VELO, produk kantong nikotin yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera. Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain.

Related Articles

Leave a Reply