4 Fakta Menarik Franz Liszt, Superstar Terpopuler Dalam Sejarah

Saat ini, kita mengenal banyak musisi berbakat yang karyanya disanjung-sanjung oleh banyak orang.  Beberapa diantaranya adalah Justin Bieber, Billie Eilish, Sia, Ed Sheeran, Blackpink, BTS, dan sebagainya. Di Indonesia banyak juga yang kita kenal seperti Judika, Lyodra, Ayu Ting Ting, dan lain-lain. Di antara mereka ada yang terkenal dari mereka terkenal lewat ajang pencarian bakat, beberapa terkenal lewat media sosial, dan sebagainya. 

Namun tahukah kamu, sebelum era terkenalnya musisi-musisi di atas, pada abad ke-19 ada seorang pianis Hungaria bernama Franz Liszt yang dikenal sebagai seorang superstar yang memiliki jutaan fans di seluruh dunia. Setiap kali ia mengadakan konser, tempat konser itu akan dipenuhi teriakan histeris karena terlalu excited mendengarkan permainan musiknya. Kebayang kan?

Superstar seperti Franz Liszt yang berbakat ini ternyata memiliki beberapa fakta yang mungkin akan membuat kamu terkejut. Yuk, simak apa saja fakta-fakta tersebut. 

Liontin dari puntung rokok Franz Liszt

Jika biasanya orang-orang membuat liontin dari batu permata, fans Franz Liszt, seorang wanita, memungut puntung rokok Liszt dari selokan dan menjadikannya liontin. Puntung rokok yang sudah bau itu kemudian dihias dengan berlian dan diberi inisial FL. Gila banget ya?

Bahkan ada hal-hal gila lain yang lebih mengejutkan. Tiap Franz Liszt selesai melaksanakan konser, biasanya para fans wanita akan berkerumun dan bahkan menyerbu ke arah Franz Liszt untuk mendapatkan apa saja yang bisa mereka pulang, entah itu sapu tangan atau sobekan sarung tangan Franz Liszt. Bahkan pernah dilaporkan ada perempuan yang datang dari rumah membawa botol kaca untuk dijadikan sebagai wadah ampas kopi Franz Liszt lho!

Perlakuan spesial untuk Franz Liszt

Semua orang tahu bahwa Franz Liszt juga memiliki banyak fans yang berasal dari kaum bangsawan. Bahkan banyak keturunan bangsawan perempuan yang menganggap Franz Liszt adalah raja bagi mereka.

Franz Liszt pernah berkunjung ke Jerman, mengunjungi keluarga bangsawan. Saat ini ingin pulang, kaum bangsawan tersebut menyiapkan prosesi yang mewah untuk memberangkatkannya. 

Saat Franz Liszt mengunjungi Tsar Nicholas I di Rusia, ia sangat kesal karena saat ia bermain musik, sang kaisar malah mengobrol dan bukan mendengarkan permainan musiknya. Liszt pun ngambek dan berhenti bermain. 

Rambut anjing Franz Liszt

Selain berbakat, Franz Liszt juga dikenal dengan ketampanan dan kegagahannya. Salah satu hal yang menarik dari superstar yang satu ini adalah keindahan rambutnya. Tidak heran banyak fans yang terobsesi dengan rambutnya, lalu mengirim surat kepada Franz Liszt, memohon-mohon agar Franz Liszt memberikan sehelai rambutnya sebagai bahan koleksi mereka di buku diary atau liontin.

Tentu saja hal ini dianggap berlebihan oleh Franz Liszt. Namun, Liszt tidak ingin mengecewakan penggemarnya. Oleh karena itu, ia membeli anjing yang warna rambutnya sama dengan warna rambut Liszt. 

Setiap kali ada surat yang memintanya mengirimkan rambut, Liszt memberikan rambut anjing. Banyak fans yang tahu soal ini, namun mereka tidak kecewa. Asalkan benda iti dari Franz Liszt, mereka tetap merasa senang. 

Penyakit sosial Lisztomania

Istilah Lisztomania menjadi populer karena banyak fans yang tergila-gila pada Franz Liszt. Lisztomania bahkan dikategorikan sebagai sebuah penyakit sosial. 

Banyak fans yang membutuhkan bantuan dokter untuk hidup normal tanpa harus gila karena Liszt. Namun sayang, pesona superstar ini memang gak ada obatnya!

Itulah beberapa fakta tentang Franz Liszt san superstar. Kamu salah satu fansnya?

Related Articles

Leave a Reply