4 Bioma Sabana Yang Bisa Kamu Temukan di Indonesia

Hari libur adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Bagaimana tidak, saat hari libur kamu bisa mengunjungi berbagai tempat untuk membuat penat setelah bekerja kuliah atau bekerja terus-menerus.

Biasanya tujuan liburan favorit kebanyakan orang adalah pantai, gunung, bahkan mall. Ada juga orang yang memilih menghabiskan liburan dengan piknik di berbagai tempat atau mengunjungi wahana-wahana modern yang disediakan di banyak tempat oleh berbagai pihak saat ini.

Namun, pernahkah terlintas di pikiranmu untuk menghabiskan hari libur ke bioma sabana? Pasti seru deh!

Bioma sabana sendiri merupakan padang rumput hijau yang sangat luas dengan diselingi beberapa pohon yang menyebar. Rumput di bioma sabana terdiri dari beragam jenis, sementara pohonnya didominasi oleh pohon akasia dan palem.

Bioma sabana merupakan salah satu ekosistem yang paling besar di bumi. Di berbagai negara, bioma sabana disiapkan sebagai tujuan wisata dan merupakan favorit banyak orang. Kamu bisa menemukan bioma sabana yang besar di wilayah Afrika, Australia, dan Amerika bagian Selatan.

Namun sayang, untuk pergi ke wilayah-wilayah tersebut, kamu tentu harus melakukan perjalanan yang sangat panjang dengan biaya yang tidak sedikit. Lalu bagaimana bisa liburan ke bioma sabana?

Tenang! Kamu tahu kan Indonesia adalah negara yang kaya? Nah, di banyak wilayah di negara kita ternyata juga ada bioma sabana lho! Yuk, cari tahu di daerah mana saja, siapa tahu liburan selanjutnya kamu tertarik pergi ke sana!

Sabana Kepulauan Komodo

Bioma sabana yang satu ini berada di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Kamu pasti tahu bahwa Pulau Komodo adalah tempat tinggal hewan komodo, hewan langkah dan hanya ada di Indonesia. Hal ini tentu menjadi daya tarik bagi orang-orang asing untuk datang ke Indonesia dan berkunjung ke pulau komodo.

Ternyata daya tarik Pulau Komodo tidak berhenti di sana. Di daerah tersebut, kamu dapat menemukan bioma sabana yang cukup besar yang ditumbuhi dengan tanaman liar dan diselingi pepohonan palem.

Sabana Sumba Timur

Masih di wilayah Nusa Tenggara Timur, kamu bisa menemukan bioma sabana lain yang cukup besar, yakni Sabana Sumba Timur. Sabana yang satu ini merupakan sabana yang paling terkenal di daerah NTT.

Sabana Sumba Timur memiliki tanah yang subur sehingga dimanfaatkan oleh warga setempat untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Di sana kamu akan menemukan banyak hewan dibiarkan berkeliaran bebas, seperti kuda Sumbawa, sapi, kerbau, dan berbagai macam hewan lain.

Sabana Tanjung Ringgit

Kita bergeser sedikit dari NTT, sekarang kita ke Nusa Tenggara Timur. Di wilayah ini, ada bioma sabana, yakni Sabana Tanjung Ringgit yang terdapat Lombok dan dijadikan sebagai kawasan wisata. Jika kamu datang ke sana untuk berlibur, kamu akan heran melihat keindahan padang rumput yang luas ditemani dengan pemandangan pantai. 

Di Sabana Tanjung Ringgit jika terdapat tebing pantai curam yang menambah detail keindahannya. Pokoknya kamu gak bakal nyesal deh!

Sabana Sembalun

Kita beralih ke daerah Jawa. Bagi kamu yang pernah mendaki Gunung Rinjani, kamu mungkin tahu bahwa di wilayah pendakian gunung tersebut terdapat bioma sabana yang terbentang hingga 6 km. Luas banget kan?

Nah, itulah 4 bioma sabana yang ada di Indonesia dan bisa kamu kunjungi untuk liburan. Sambil pergi liburan ke kawasan sabana, jangan lupa bawa VELO ya! VELO adalah kantong nikotin yang bisa kamu nikmati kapan dan dimana saja untuk mendapatkan sensasi nikotin. Bersama VELO, liburanmu akan menjadi lebih santuy!

Related Articles

Leave a Reply