3 Tokoh Musik Country Indonesia Yang Akan Diingat Sepanjang Masa

Bahasan soal musik memang tidak ada habis-habisnya. Meskipun tidak semua orang bisa memainkan alat musik, namun kebanyakan orang pasti senang mendengarkan musik.

Salah satu genre musik yang terkenal di dunia adalah musik country. Musik ini kerap dianggap sebagai ‘musiknya orang tua’. Padahal banyak anak muda yang menggandrungi musik country lho! Bahkan banyak musisi country yang masih terkenal hingga saat ini. Salah satunya adalah Taylor Swift.

Di Indonesia sendiri, musik country pernah sangat naik daun, yakni di era 1990-an hingga awal tahun 2000an. Dulu berbagai stasiun TV dan radio lokal kerap memutar lagu-lagu bergenre country. Bahkan ada pula acara-acara TV yang fokus mengangkat genre musik yang satu ini. 

Namun saat ini musik country sudah cukup jarang terdengar di radio dan TV. Di internet sekalipun yang sering kita dengarkan adalah lagu-lagu pop barat, hip-hop, pop lokal, lagu Korea, dan lagu-lagu genre lokal seperti dangdut. 

Walaupun demikian, ada beberapa musisi besar yang sangat berpengaruh dalam industri musik Indonesia yang membawakan lagu-lagu dari genre country. Siapa sajakah tokoh musik country Indonesia yang berpengaruh tersebut? Yuk, kita bahas dalam artikel ini! 

Ebiet G. Ade

Bagi generasi millennial dan orang-orang dari generasi sebelumnya, nama Ebiet G Ade merupakan nama yang sangat populer. Ia membawakan lagu-lagu country bertemakan kemanusiaan. Banyak orang yang tersentuh dengan lagu-lagu yang ia tulis dan ia bawakan bersama gitar andalannya.

Lagu-lagu Ebiet G Ade yang populer banyak bercerita tentang alam dan cerita duka dari orang-orang yang terpinggirkan. Ia mengamati suasana hidup orang Indonesia sejam era 1970-an.

Selain tema-tema tersebut, ia juga banyak mengangkat lagu bertema agama dan kritik politik. Karena kreativitasnya dalam menyusun kata untuk lagu-lagu yang ia bawakan, sentuhan musik country ala Ebiet G Ade sempat membawa gebrakan perusahan besar pada industri musik Indonesia.

Jika kamu ingin merasakan vibes musik country era 1990-an, lagu-lagu dari tokoh musik country Indonesia yang satu ini wajib ada dalam daftar pilihan lagumu!

Tantowi Yahya

Siapa yang tidak asing dengan Country Road? Ini adalah acara TV andalan TVRI di tahun 2000an. Acara ini dibawakan oleh Tantowi Yahya dengan dandanannya yang sangat khas sebagai musisi country.

Selain berperan sebagai pembawa acara, Tantowi Yahya juga merupakan seorang tokoh musik country Indonesia yang terkenal dengan single-nya Gone, Gone, Gone. Bahkan setelah single itu, ia juga mengeluarkan album country perdananya, yakni Country Breeze. Dari album tersebut, nama Tantowi Yahya menjadi semakin populer sebagai salah satu tokoh musik country Indonesia yang berbakat. Ia pun menyanyikan beberapa lagu country ciptaan orang lain di berbagai pertunjukan.

Karena kecintaannya terhadap musik Country, Tantowi Yahya pun mendirikan Country Music Club of Indonesia pada tahun 2003. Keren, kan?

Iwan Fals

Iwan Fals merupakan musisi legendaris dari negara kita. Selain berperan sebagai seorang musisi, ia juga dikenal sebagai seorang kritikus sosial-politik yang sangat handal. Meskipun ia membawakan lagu dari berbagai genre, mulai dari rock, pop hingga folk pop, ia juga termasuk salah satu tokoh musik country Indonesia yang paling berpengaruh karena beberapa lagunya memang bergenre country. 

Perjalanan karir musisi yang satu ini sangatlah panjang. Dulunya ia adalah seorang pengamen. Lalu, ia pernah mengikuti sebuah festival musik Country dan menjadi juara dalam festival musik tersebut. Setelah itu, ia mendapat beberapa tawaran di industri rekaman musik, hingga akhirnya ia bisa bekerja sama dengan Musica Studio. Salah satu albumnya yang mulai digarap serius di sini adalah Sarjana Muda. 

Meskipun sudah mengeluarkan album yang cukup fenomenal, Iwan Fals tetap mengamen dari rumah ke rumah, hingga akhirnya ia mendapat tawaran rekaman lain yang lebih besar. 

Setelah 1987, Iwan Fals pun diundang di sebuah acara TV di TVRI dengan membawakan lagu Oemar Bakri. Sejak saat itu ia semakin terkenal. Perjalanan karirnya semakin menanjak saat lagunya Bento dan Bongkar menjadi hits. Ia juga bekerja sama dengan Kantata Takwa, sebuah konser musik yang dulu hingga sekarang dikenal sebagai konser musik paling besar dan megah dalam sejarah industri musik Indonesia.

Itulah 3 tokoh musik country Indonesia yang namanya akan terus dikenang sepanjang masa. Siapa favoritmu?

Related Articles

Leave a Reply