3 Misteri Alas Purwo yang Belum Terpecahkan

Berbicara tentang cerita misteri, negara kita sejak dulu memang telah menjadi pusat kisah-kisah misteri. Beberapa sudah terpecahkan, beberapa seolah masih sulit ditangkap logika, seperti misteri kamar Nyi Roro Kidul di Pantai Pangandaran, dan berbagai misteri lainnya.

Salah satu misteri yang belum terpecahkan adalah misteri Alas Purwo. Alas Purwo sendiri merupakan sebuah taman nasional yang ada di daerah Banyuwangi.

Sebagai sebuah taman nasional, Alas Purwo terdiri dari hutan yang cukup luas, pantai, serta berbagai peninggalan-peninggalan sejarah yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Tidak heran tempat ini menyimpan banyak misteri yang membuat orang-orang penasaran.

Tidak sedikit stasiun TV dengan tajuk program yang berkaitan dengan hal-hal mistis sudah mendatangi Alas Purwo beberapa kali. Hal tersebut dilakukan guna mencoba memecahkan misteri-misteri yang selalu dilekatkan pada kawasan yang kaya akan pesona alam ini.

Tempat Bersemedi Bung Karno

Entah bagaimana awalnya, cerita mengenai Alas Purwo menjadi tempat bersemedi Bung Karno mulai menyebar di masyarakat. Menurut cerita dari mulut ke mulut, presiden pertama Indonesia ini kerap datang ke sebuah goa di Alas Purwo, yakni Goa Istana.

Ia melakukan semedi di sana sembari mencoba berbicara dengan penguasa Pantai Selatan, yakni Nyi Roro Kidul. Dalam pertapaannya, Bung Karno meminta Nyi Roro Kidul membantu dirinya dan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan.

Goa Istana sering disebut sebagai salah satu tempat favorit Bung Karno. Konon hingga saat ini masih banyak pejabat-pejabat Indonesia yang datang ke sana untuk bersemedi dan meminta kejayaan jabatan maupun kekayaan dari Nyi Roro Kidul. Mereka tidak hanya menggunakan Goa Istana, tetapi goa-goa lain yang juga ada di Alas Purwo, seperti Goa Mayangkoro, Goa Padepokan, Goa Kucur, dan Goa Mangleng. Sebenarnya masih banyak goa di kawasan tersebut, namun lima goa tersebut adalah gua paling populer.

Hingga sekarang, bukti bahwa Bung Karno dan pejabat-pejabat Indonesia lainnya bersemedi di Alas Purwo belum ada. Tidak ada yang tahu siapa yang mengawali cerita misteri Alas Purwo yang satu ini.

Keris Jalak Tilamsari di Alas Purwo

Sebagai kawasan dengan banyak goa, Alas Purwo memiliki banyak misteri yang tersimpan dalam setiap goa. Menurut cerita yang beredar, Goa Istana, goa yang paling populer di Alas Purwo, merupakan tempat penyimpanan sebuah keris yang disebut Jalak Tilam Sari.

Keris Jalak Tilamsari merupakan keris pusaka dengan panjang 30 cm dan tidak memiliki lekukan sama sekali. Dulu keris tersebut dibuat oleh Empu Tantular, seorang pujangga sastra Jawa yang hidup di zaman Kerajaan Majapahit.

Selain menyimpan keris, goa-goa lain di Alas Purwo juga menyimpan berbagai benda pusaka lain, salah satunya adalah batu delima yang dianggap sakti.

Tidak jarang penduduk lokal maupun wisatawan dari luar daerah datang ke sana hanya untuk mencari benda-benda pusaka tersebut. Namun sayang, keberadaannya masih menjadi misteri. Belum ada seorang pun yang mampu menemukannya.

Makam Mbah Dowo

Misteri lain yang dapat ditemukan di Alas Purwo adalah makam Mbah Dowo, makan unik dengan panjang 7 meter. Panjang makam ini dianggap tidak lazim sehingga banyak orang yang penasaran dan datang berkunjung.

Ada yang mengatakan makam tersebut adalah makam Mbah Dowo, seorang penyebar agama Islam sebelum masa kejayaan Wali Songo. Namun cerita lain mengatakan bahwa makam tersebut adalah tempat penyimpanan benda-benda pusaka.

Hingga saat ini, makam Mbah Dowo masih menyimpan misteri. Tidak ada orang yang berani membongkar karena dianggap sakral.

Ironisnya, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat pesugihan. Orang-orang juga kadang berkunjung hanya untuk mengambil air sumur di dekat makam. Air tersebut dibawa pulang ke rumah karena dianggap sebagai air yang mujarab untuk pengobatan.

Demikian 3 misteri Alas Purwo yang jarang diketahui dan belum terpecahkan hingga saat ini. Bagaimana? Tertarik berkunjung ke sana untuk memecahkan salah satu dari tiga misteri tersebut?

Jika saat berada di sana kamu masih bingung dan belum bisa memecahkan misteri-misteri tersebut, istirahatlah sejenak. Biarkan dirimu ditemani VELO, produk kantong nikotin inovatif untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang menawarkan cara baru menikmati sensasi nikotin yang lebih praktis, kapan saja dan dimana saja. dengan 4 varian rasa, seperti Polar Mint, Tropic Mix, Berry Frost, dan Exotic Clove. Dengan VELO, kamu bisa menikmati sensasi nikotin dengan cara yang lebih asyik dan santai.

Related Articles

Leave a Reply