3 Jenis Harmonika, Pahami Lebih Dulu Sebelum Membelinya!

Jenis Harmonika – Harmonika merupakan sebuah alat musik tiup berukuran kecil yang mampu menghasilkan bunyi atau nada yang dibutuhkan. Memainkan alat musik harmonika butuh ketelatenan tersendiri agar nada yang dihasilkan terdengar indah.

Meskipun termasuk jenis alat musik tiup, namun cara memainkan harmonika bukan cuma ditiup saja tapi dengan dihisap juga. Berikut jenis-jenis harmonika yang perlu diketahui sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya.

Jenis Harmonika Paling Umum

Jenis Harmonika Diatonik

Jenis harmonika
Source: Jhusemannde via pixabay.com

Memiliki 10 lubang yang tidak memiliki sekat atas bawah ini memiliki modal Richter-tuned. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk memainkan satu kunci harmonika dalam beberapa kunci harmonika yang berbeda. Umumnya harmonika jenis ini digunakan untuk mengiringi genre musik folk, blues dan juga country. Namun, tak tak menutup kemungkinan juga dapat diterapkan ke dalam musik klasik maupun jazz. 

Jenis ini mempunyai nada dasar berbeda-beda. Harmonika diatonik yang bernada dasar C sangat sesuai untuk memainkan nada atau jenis musik dengan nada dasar C. Sementara harmonika diatonik bernada dasar D, lebih sesuai untuk lagu-lagu bernada dasar D, dan seterusnya. 

Menjadi suatu tindakan yang ekstrim ketika kita menggunakan harmonika dengan nada dasar D untuk memainkan musik atau lagu dengan nada dasar C atau yang lainnya. Setidaknya, harmonika diatonik memiliki 12 nada dasar, dari nada G sampai F#. Jika ingin memainkan berbagai jenis lagu, kita perlu menyiapkan harmonika sesuai nada dasar musik yang  dibutuhkan. Akan tetapi, jika saat ini kamu masih dalam tahap belajar, maka sebaiknya beli jenis harmonika yang bernada dasar C.

Harmonika Kromatik

Jenis harmonika
Source: DrNickstafford via pixabay.com

Jika dilihat dari bentuk visualnya, alat musik harmonika berjenis diatonik dan tremolo sudah terlihat perbedaannya. Harmonika kromatik memiliki tombol di sampingnya yang berguna untuk menggeser penutup lubang harmonika agar menghasilkan nada kres. Misalnya saja di lubang angka 3 berbunyi C berarti kalau tombol tersebut ditekan maka bunyinya akan berubah menjadi Db atau C#.

Lubang pada harmonika cukup bervariasi, ada yang 10 lubang, 12 lubang, 14 lubang hingga 16 lubang. Beberapa jenis alat musik ini juga mempunyai slide, tombol yang ada di samping lubang yang bisa digunakan untuk menciptakan nada-nada kromatis. Jenis ini mampu menghasilkan nada yang jauh lebih luas dibandingkan harmonika diatonik. Kita bahkan bisa memainkan 12 nada dari do-do# hingga si.

Harmonika kromatik ini umumnya digunakan untuk mengiringi alunan musik jazz, pop, dan juga klasik. Dibandingkan yang lain, harmonika kromatik umumnya memiliki harga yang jauh lebih mahal. Bahkan hingga belasan juta rupiah.

Harmonika Tremolo

Jenis harmonika
Source: Stocksnap via pixabay.com

Memiliki ciri khas lubang bersusun dempet dengan body cukup panjang. Ini karena biasanya, harmonika berjenis tremolo memiliki 12 semitone untuk dimainkan. Sesuai namanya, harmonika tremolo memiliki fungsi untuk menambahkan efek gema berulang pada musik atau nada yang sedang dimainkan.

Karakter semacam ini kerap dibutuhkan ketika ingin memainkan genre musik klasik maupun musik tradisional. Terutama di kawasan Asia Timur, misalnya saja Jepang, China, Korea, Taiwan dan sebagainya. Umumnya, alat musik ini juga digunakan untuk memainkan musik klasik serta harmonisasi nada ketika bermain secara grup. Sementara dalam permainan solo, sangat jarang sekali digunakan.

Demikian tadi informasi menarik tentang jenis harmonika yang perlu diketahui agar kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi sewaktu beli harmonika di toko alat musik tidak salah pilih.

Bermain harmonika bisa dimana saja dan kapan saja, lho! Bahkan, kamu bisa juga bisa sambil menikmati VELO. Produk nikotin bebas tembakau berbentuk kantong kecil sekali pakai yang punya sensasi hangat menggelitik yang seru. Kamu juga bisa memilih sendiri level nikotin VELO yang ingin dicicipi, lho! Asli bikin harimu tambah asyik.

Produk VELO hanya ditujukan khusus untuk pengguna produk nikotin dewasa minimal sudah berusia 18 tahun. Bukan wanita hamil ataupun menyusui. Dan bisa menyebabkan ketergantungan.

Related Articles

Leave a Reply