3 Contoh Digital Signature Sesuai Jenisnya

Penggunaan tanda tangan memang sudah sangat melekat dari keseharian kita, terutama bagi mahasiswa dan pekerja kantoran. Sebagai generasi yang hidup di era digital, kita kerap menggunakan tanda tangan digital untuk mengesahkan dokumen dari jarak jauh. Cara ini sudah terbukti mempercepat urusan dokumentasi yang tengah kita kerjakan.

Jika tanda tangan basah (konvensional) hanya ada satu jenis saja, kamu harus tahu bahwa tanda tangan digital ternyata terdiri dari beberapa jenis. Sebuah organisasi yang dibuat oleh Uni Eropa, Electronic Identification and Trust Services Regulations (EIDAS), membagi digital signature menjadi 3 jenis, yaitu Simple, Basic, dan Advanced & Qualified.

Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh- contoh digital signature sesuai jenis-jenis tanda tangan yang dinyatakan oleh EIDAS. Yuk, dibaca sampai akhir!

Simple sebagai tanda tangan yang paling simpel

Sesuai namanya, Simple merupakan tanda tangan digital yang paling sederhana dibanding 2 jenis tanda tangan lainnya. Salah satu contoh Simple digital signature ini adalah tanda tangan yang dibuat dengan pulpen di atas kertas, lalu di-scan. Contoh kedua dari jenis tanda tangan ini adalah tanda tangan yang kerap disisipkan di bagian akhir e-mail (e-mail digital signature).

Selain kedua contoh di atas, pemberian tanda centang pada halaman kotak dan saran ketika kita melakukan instalasi perangkat lunak di komputer, atau persetujuan dengan tanda centang ketika kita ingin masuk ke sebuah layanan di internet, juga dikategorikan sebagai contoh digital signature jenis Simple.

Karena pembuatannya juga sederhana, tanda tangan ini tidak dilindungi dengan metode keamanan maupun metode enkripsi. Artinya, tanda tangan tidak menunjukkan identitas pemiliknya.

Selain itu, tanda tangan ini juga kerap tidak direkomendasikan untuk dokumentasi kerja kantor karena legalitasnya yang rendah.

Tanda tangan digital jenis Basic yang mirip seperti Simple

Dari segi keamanan dan legalitas, tanda tangan jenis Simple dan Basic hampir tidak memiliki perbedaan. Selain tidak dilindungi oleh metode keamanan apapun, secara hukum Basic juga tidak memiliki kekuatan yang sama dengan tanda tangan basah.

Keunggulan Basic dibanding dengan Simple adalah penggunaan metode asymmetric cryptography. Dengan adanya metode ini, maka kita bisa mengaitkan antara sebuah tanda tangan digital dengan pemiliknya.

Salah satu contoh digital signature jenis Basic adalah verifikasi identitas yang kita lakukan dengan akun media sosial, misal saat kita ingin menggunakan layanan akses foto gratis di internet.

Advanced & Qualified digital signature, jenis tanda tangan digital yang direkomendasikan

Berbeda dengan tanda tangan digital jenis Simple dan Basic, tanda tangan Advanced & Qualified memiliki tingkat keamanan dan tingkat legalitas yang tinggi.

Selain itu, jenis tanda tangan ini juga dilindungi dengan metode enkripsi asymmetric cryptography. Pemilik tanda tangan dapat memiliki tanda tangan yang dilindungi dengan 2 kunci, yakni kunci privat dan kunci publik.

Untuk meningkatkan legalitas tanda tangan ini, pemilik tanda tangan harus memiliki sertifikat elektronik.

Di Indonesia sudah ada 6 lembaga resmi yang dapat mengeluarkan sertifikat elektronik, baik lembaga pemerintah maupun lembaga swasta. Pengurusan sertifikat elektronik ini termasuk untuk keperluan tanda tangan digital tersertifikasi.

Salah satu contoh tanda tangan digital jenis ini adalah penggunaan tanda tangan digital untuk mengesahkan dokumen-dokumen kantor. Dalam pemerintah di Indonesia, salah satu institusi yang telah menerapkan sistem ini adalah Kominfo.

Demikian 3 contoh digital signature sesuai dengan 3 jenis yang dicetuskan oleh EIDAS. Dari penjelasan di atas, kamu tentu tahu mana tanda tangan yang direkomendasikan untuk menyelesaikan dokumentasi-dokumentasi kerjamu. Selamat mengurus tanda tangan digital tersertifikasi!

Jika dalam pengurusan tanda tangan digital ada waktu senggang, sembari menunggu, tidak ada salahnya kamu mencoba VELO, alternatif baru dalam merasakan sensasi nikotin. Bebas dari pembakaran yang menyebabkan gangguan pernafasan, lho!

Related Articles

Leave a Reply