3 Aplikasi Tanda Tangan Digital Anti Ribet, 3 Menit Jadi

Di era digital seperti sekarang, semua orang pasti memiliki ekspektasi untuk melakukan berbagai aktivitas secara instan dan tanpa ribet. Salah satunya adalah aktivitas terkait pengesahan dokumen dengan tanda tangan. Banyak orang ingin tahu apa saja aplikasi tanda tangan digital.

Di era pandemi seperti saat ini, banyak perusahaan yang memberlakukan sistem kerja jarak jauh (remote). Oleh karena itu, pengesahan dokumen kerap dilakukan secara digital. Karenanya, hampir setiap orang yang bekerja diwajibkan memiliki tanda tangan digital.

Memang, untuk dokumen-dokumen tertentu, kamu bisa lho membuat tanda tangan digital tidak tersertifikasi.

Nah, 3 aplikasi di bawah ini dapat kamu andalkan untuk membuat tanda tangan digital tanpa ribet verifikasi sana-sini. Buat kamu yang menyukai hal-hal instan, yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Adobe Fill & Sign, aplikasi mudah andalan kaum rebahan

Bagi orang-orang yang sudah terbiasa dengan urusan yang melibatkan tanda tangan digital, nama aplikasi Adobe Fill & Sign mungkin sudah tidak terdengar asing lagi di telinga.

Yup! Popularitas aplikasi ini memang sangat tinggi di dunia dokumentasi elektronik. Selain bisa diunduh di semua jenis telepon pintar, baik Android maupun iOS, pembuatan tanda tangan dengan aplikasi ini juga tidak mengharuskan penggunanya untuk membuat akun terlebih dahulu. Kamu hanya perlu mencoretkan tanda tangan di kolom yang telah tersedia. Tadaaa, tanda tangan digital milikku sudah jadi!

Selain mudah digunakan, aplikasi yang dikeluarkan oleh Adobe ini juga didukung oleh fitur yang cukup variatif. Ia dilengkapi dengan opsi silang dan centang yang memudahkanmu membuat tanda tangan dan menempatkannya di posisi yang kamu inginkan dalam dokumen.

Bukan hanya itu, Adobe Fill & Sign juga dilengkapi dengan fitur My Profile. Fitur ini dapat digunakan jika kamu telah membuat akun sebelumnya. Jika kamu telah mengisi data pribadi dalam fitur tersebut, data akan otomatis terisi dalam dokumen yang kamu unggah. Jadi kamu tidak harus mengetik data yang sama berulang kali.

Bagaimana? Mudah, bukan?

Easy signature dengan Aplikasi SignEasy

Seperti namanya, aplikasi SignEasy juga mudah digunakan untuk membuat tanda tangan digital. Meskipun harus membuat akun terlebih dahulu, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa log in dengan menghubungkan akun Google atau Facebook milikmu.

Dengan SignEasy, kamu dapat menandatangani dokumen dari berbagai format. Jadi kamu tidak perlu mengkonversi dokumen ke format tertentu sebelum menandatanganinya secara digital.

Hal yang istimewa dari aplikasi ini adalah fiturnya yang memungkinkan satu dokumen ditandatangani oleh lebih dari satu orang. Dengan menambahkan email orang lain ke aplikasi dokumen yang ingin kamu bubuhkan tanda tangan, maka penandatanganan dokumen dapat dilakukan secara bersamaan meskipun semua pihak terpisah oleh jarak.

Buat tanda tanganmu lebih kreatif dengan Aplikasi SignNow

Jika ingin menggunakan aplikasi SignNow, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Penggunaan aplikasi yang pada awal rilis dinamakan CudaSign ini juga cukup populer karena kemudahannya serta  kelengkapan fitur yang dimiliki.

Pada aplikasi SignNow, kamu akan ditawarkan dua pilihan jenis akun, yakni akun gratis dan akun pro (berbayar). Jika kamu menggunakan akun gratis, kamu hanya dimungkinkan untuk menandatangani maksimal sepuluh dokumen setiap bulan. Jika ingin lebih dari itu, kamu harus melakukan upgrade akun ke akun pro.

Namun jangan khawatir, kamu tidak akan rugi membayar lebih untuk penggunaan aplikasi yang satu ini. Hal ini dikarenakan ia dilengkapi dengan fitur pengubahan warna tanda tangan.

Selain itu, SignNow juga menawarkan fitur untuk mengubah bentuk ‘pensil’ atau ‘kuas’ yang ingin kamu gunakan untuk membuat tanda tangan. Fitur ini adalah fitur yang jarang dimiliki oleh aplikasi-aplikasi lain.

Sekarang, kamu tidak perlu merasa keberatan lagi jika diminta membuat tanda tangan digital oleh rekan kerjamu untuk kepentingan dokumentasi. Cukup gunakan telepon pintarmu, tanda tangan digital mu akan muncul dalam 3 menit dengan 3 aplikasi anti ribet di atas.

Sembari membuat tanda tangan digital dengan mudah, kamu bisa mencoba VELO sebagai teman santai-mu! VELO merupakan kantong nikotin pertama di Indonesia yang dapat kamu yang merupakan pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui jadikan sebagai alternatif untuk merasakan sensasi nikotin. Selamat bersantai!

Related Articles

Leave a Reply