2 Hal yang Harus Dilakukan Untuk Mencapai Peluang Usaha

Untuk mencapai peluang usaha diperlukan adanya perencanaan yang matang agar usaha atau bisnis tersebut bisa berjalan dengan baik. Strategi dan analisis usaha diperlukan agar usaha memiliki tujuan yang tepat. Sebelum kita membahas jenis usaha kekinian tersebut, simak perencanaan usaha untuk langkah awal yang tepat. 

1.     Tentukan Tujuan Rencana Usaha 

Agar usaha bisa berjalan dengan efektif, kenali tujuan rencana usaha yang akan kamu bangun. Mengenali tujuan rencana usaha, dapat membantu kamu dalam menyusun berbagai strategi marketing usaha. Strategi ini dibuat berdasarkan analisis peluang usaha yang mendalam sebelumnya. 

2.     Mendapatkan Modal dan Pembiayaan 

Ada rencana usaha yang membutuhkan tambahan modal dan pembiayaan dari pihak lain. Modal dan pembiayaan tentu akan sangat penting bagi perusahaan dalam mendirikan suatu usaha. Untuk mendapatkan modal ini, biasanya perusahaan akan melakukan pinjaman dari lembaga seperti bank atau dari investor. 

Setelah 2 langkah di atas, kamu bisa langsung memikirkan kira-kira usaha kekinian apa yang cocok untuk kamu. Berikut rekomendasi usaha kekinian yang menjanjikan. 

·         Bisnis Laundry Kiloan 

Jika anda tinggal di lingkungan yang memiliki banyak warga bekerja, wanita karier, anak kos, maka anda bisa menjadikan hal ini sebagai peluang membuka bisnis laundry. Tak jarang kesibukan orang saat ini membuat mereka tak memiliki waktu untuk mencuci pakaian, karena itulah tak jarang mereka akan mencari jasa laundry yang dapat membantu pekerjaan rumah tangga mereka. 

Modal untuk usaha kekinian ini biasanya mencapai 5-10 juta, dengan modal tersebut anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Jika dalam sehari saja anda bisa menerima laundry hingga 30 kg/sehari dengan mengambil untung Rp 5.000/kg. Maka bisa dihitung profit yang anda dapatkan mencapai Rp 4.500.000. Cukup lumayan bukan untuk sebuah bisnis rumahan? 

·         Bisnis Makanan Ringan Kekinian 

Usaha kekinian yang menjanjikan lainnya dan bisa dibuka hanya dari rumah adalah bisnis makanan ringan. Meskipun dimulai dengan modal yang kecil, akan tetapi bisnis makanan ini memiliki peluang masa depan yang baik. bisa dilihat dari masyarakat Indonesia yang begitu menggemari makanan ringan, mulai dari anak anak hingga dewasa. Jadi tak heran jika bisnis ini patut untuk dipertimbangkan. 

·         Bisnis Jasa Penitipan Anak (Day care) 

Karena perkembangan ekonomi yang ada saat ini, tak jarang membuat pasangan sama-sama harus bekerja demi memenuhi kebutuhan rumah tangga. karena itulah baik suami maupun istri terkadang sama sama bekerja atau berbisnis setiap harinya. Sehingga mau tidak mau membuat mereka tidak bisa merawat anak dengan semaksimal mungkin. 

Akan tetapi agar tidak membuat buah hati menjadi terlantar, orang tua tentunya akan berusaha semaksimal mungkin seperti mencari jasa penitipan anak terpercaya yang bisa menjadi tempat untuk menitipkan si kecil selama jam kerja. Tak heran bisnis ini cukup berkembang pesat terutama di ibu kota. Anda juga bisa membuka usaha menjanjikan seperti ini. namun pastikan dengan merekrut karyawan yang memang ahli di bidangnya dan terpercaya sehingga bisnis anda bisa berjalan lancar. 

·         Food Truck 

Perkembangan industri kuliner yang ada di Indonesia saat ini cukup berkembang pesat, bahkan untuk mencicipi makanan yang disukainya konsumen tak harus datang ke restoran. Bahkan banyak kasus dimana restoran yang akan mendatangi konsumen dalam bentuk gerai, kios, ataupun food truck. 

Trend food truck ini memang cukup mudah dikenali, biasanya pebisnis dengan kuliner sejenis akan berkumpul bersama di satu lokasi yang membuat tertarik banyak orang. Menu-menu yang ditawarkan juga terbatas biasanya karena lebih mengutamakan spesialisasi. 

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply