10 Tokoh Musik Klasik Paling Dikenal Sepanjang Masa

Dalam era peralihan musik klasik ke musik romantic terdapat tokoh-tokoh penting yang berperan dalam menciptakan sebuah karya. Bahkan beberapa karya dari tokoh ini masih dikenal hingga detik ini. Penasaran dengan tokoh atau komposer musik klasik yang memiliki peranan penting dalam perkembangan musik dunia. Berikut 10 tokoh musik klasik paling dikenal sepanjang sejarah. Siapa saja mereka?

1.     Wolfgang Amadeus Mozart

via pxhere.com

Lahir di Salzburg, Austria, 27 Januari 1756 dengan nama Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart ini merupakan salah satu komposer musik terkenal pada era peralihan zaman klasik ke zaman romantis. Tercatat ia telah menciptakan lebih dari 700 lagu yang tertuang dalam paduan suara, musik piano, dan musik opera.

2.     Franz Joseph Haydn

via pxhere.com

Lahir pada 31 Maret 1732, Franz Joseph Haydn adalah salah satu komponis hebat pada era musik klasik. Ia dijuluki sebagai ‘Bapak Kuartet Gesek’ karena karya-karyanya yang mendunia. Pria kebangsaan Austria ini lahir dalam keluarga musisi. Kakak laki-lakinya, Michael Haydn merupakan seorang komponis terkenal. Sedangkan, kakak perempuannya, Evangelist Haydn merupakan seorang penyanyi tenor terkenal pada masa itu.

3.     Franz Schubert

via pxhere.com

Lahir di Austria pada 31 Januari 1797, Franz Schubert merupakan komponis kenamaan pada era musik klasik. Di usianya yang baru menginjak 20 tahun saja, ia sudah menciptakan 9 simfoni, diantaranya Great Symphony (Symphony 9) dan Unfinished Symphony (Symphony 8). Tercacat semasa hidupnya ia telah menulis lebih dari seribu karya musik yang tertuang dalam bentuk orkestra dan lainnya.

4.     Ludwig Van Beethoven

via pxhere.com

Ia merupakan seorang komponis musik klasik kebangsaan Jerman yang lahir pada 16 Desember 1770. Semasa mudanya, Beethoven adalah seorang pianis berbakat di kalangan raja-raja Wina, Austria. Namun, kehidupannya tak seindah karya-karya yang diciptakannya. Di tahun 1817, ia sempat mengalami masalah pendengaran hingga permasalahan cinta yang membuatnya tidak menikah hingga akhir hayat.

5.     Johann Sebastian Bach

via pxhere.com

Pria kebangsaan Jerman yang lahir pada 21 Maret 1685 ini merupakan seorang komposer yang telah banyak mengubah dan mengembangkan musik dalam bentuk orkestra, clavichord, organ, dan harpsichord. Lebih dari seribu lagu telah diubahnya. Karya yang paling terkenal adalah Brandenburg Concertos, Mass in B Minor yang merupakan lagu gereja, dan satu set lagu Bach.

6.     Franz Liszt

via pixabay.com

Franz Liszt adalah seorang guru musik, komposer, pianis, sekaligus pengaba pada abad ke-19. Ia lahir pada 22 Oktober 1811 di Kota Ralding, Hungaria. Semasa hidupnya, ia telah menulis lebih dari 700 komposisi musik, termasuk puisi simfoni, dan lagu gerejawi. Selain itu, ia juga memiliki sekitar 400 anak didik yang diajarnya di era romantis.

7.     Georg Friedrich Handel

via pxhere.com

Lahir di Halle, Jerman, 23 Februari 1685, Handel merupakan seorang komponis terkenal di era musik Barok. Semasa hidupnya ia banyak menuliskan karya-karya musik seperti Water Music, Fireworks Music, Messiah, dan masih banyak lagi.

8.     Frederic Chopin

via flickr.com

Pria berkebangsaan Polandia ini merupakan salah satu pemain piano terkenal di Polandia. Selain itu, ia juga dikenal sebagai musisi romantik terbaik di dunia. Semasa hidupnya, ia banyak bergelut dalam dunia musik. Banyak sekali karya-karya yang diciptakannya hingga pada 17 Oktober 1849 ia menghembuskan nafas terakhirnya.

9.     Johannes Brahms

via flickr.com

Ia merupakan salah satu musisi terkenal di zaman romantis. Pria kelahiran Hamburg, Jerman, pada 7 Mei 1833 ini juga banyak sekali menciptakan komposisi-komposisi musik dalam bentuk orkestra, piano, paduan suara, hingga ansambel.

10.Robert Schumann

via flickr.com

Dikenal sebagai penggubah lagu sekaligus seorang pianis ternama, Schumann juga dikenal sebagai kritikus musik di era romantis Eropa. Banyak karya yang diciptakannya sebagai bentuk melepaskan diri dari tradisi dan struktur klasik yang terlalu membatasi.

Itulah 10 tokoh musik klasik paling dikenal sepanjang masa di era peralihan musik klasik ke  musik romantic.

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply