10 Tips Memilih Kado Wisuda Agar Tidak Salah Beli!

Memilih kado wisuda memang tidak mudah. Kadang kamu harus benar-benar fokus untuk mencari inspirasi agar bisa menemukan kado yang tepat untuk si penerima. Seringkali, inspirasi datang setelah mengkonsumsi nikotin. Kini menikmati nikotin bisa lebih nyaman dan menyenangkan dengan VELO, kantong nikotin pertama di Indonesia yang tidak menimbulkan asap. VELO ditujukan untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis, kapan saja dan dimana saja. Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. Bahkan di sela-sela aktivitasmu yang padat, kamu tetap bisa bebas menikmati kantong nikotin ini. cukup selipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga setengah jam.

Agar kamu bisa menemukan kado yang tepat untuknya, baca dulu tips memilih kado wisuda yang tepat agar kamu tidak salah beli!

  1. Budget jadi pertimbangan utama

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat akan membeli kado adalah menghitung berapa budget yang kamu miliki. Jika kamu sudah tahu berapa dana yang kamu siapkan, maka akan lebih mudah bagimu untuk memutuskan. Untuk memberi kado yang berkesan, tidak selalu harus mahal kok. 

Hadiah yang dipenuhi dengan ketulusan tentunya akan lebih berkesan. Karena itulah kamu tidak perlu memaksakan diri. Dengan kado yang sederhana saja, niat tulusmu akan bisa diketahui oleh si penerima.

  1. Kado wisuda handmade juga boleh lho

Buat kamu yang punya bakat dan kreativitas tinggi dalam membuat kerajinan, kado wisuda handmade bisa kamu berikan untuk orang terdekatmu. Memberi kado handmade artinya kamu telah meluangkan waktu dan memberikan usaha terbaikmu dalam membuatnya.

Benda-benda handmade yang bisa kamu berikan mungkin sederhana, tetapi hasil akhirnya tetap bisa unik dan elegan. Beberapa kado handmade yang cocok untuk wisuda antara lain adalah scrap frame, sweater, syal, hingga kue kering yang bertuliskan ucapanmu untuknya. Dari sekian banyak kerajinan yang ada, pastikan kamu memilih yang paling mudah dibuat dan tidak terlalu rumit ya!

  1. Hadiah kekinian juga banyak yang ekonomis kok

Jika kebetulan budget yang kamu miliki untuk kado wisuda menipis, ide kado yang satu ini sangat pas untukmu. Kado berupa video ucapan selamat dari teman-teman dan keluarga pasti akan membuatnya sangat bahagia. Kabar baiknya, untuk membuat kado ini kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya lho!

Apalagi jika kamu punya keahlian dalam mengedit video, kamu tinggal meluangkan waktu saja untuk menemui orang-orang terdekat si penerima kado dan merekamnya! Selain kado berupa video ucapan selamat, kamu juga bisa membuat video singkat tentang kenangan yang kalian miliki selama masa kuliah. Pasti sangat mengharukan dan berkesan bukan?

  1. Cari tahu hobi si penerima

Kalau tidak ingin salah membeli kado, beri saja kado yang sesuai dengan hobinya. Jika kamu dekat dengan orang yang akan kamu beri kado, tentu tidak sulit untuk mencari tahu apa hobinya. Misalnya, untuk dia yang suka mendengarkan musik, kamu bisa memberinya speaker atau earbuds bluetooth terbaru yang bisa menunjang hobinya.

Lain lagi kalau dia hobi membaca, maka kado apalagi yang terbaik untuk diberikan padanya selain buku dari genre favoritnya yang merupakan keluaran terbaru.

  1. Beri kado sesuai dengan cita-citanya

Wisuda bisa jadi merupakan akhir dari masa kuliah, namun menjadi awal dari dunia kerja yang sesungguhnya. Inilah pentingnya mencari tahu apa cita-citanya setelah lulus kuliah. Beri kado yang bisa menunjang cita-citanya itu.

Atau kamu juga bisa memberikan kado yang bisa bermanfaat baginya selama mencari kerja. Sepasang sepatu baru atau kemeja baru akan menjadi kado yang sangat berarti. Setiap kali mereka mengenakan kado yang kamu berikan, mereka pasti akan langsung teringat padamu.

  1. Pastikan ukurannya sesuai!

Banyak orang yang memberikan kado wisuda berupa sepatu atau baju. Tentunya dua jenis kado ini tidak hanya berkesan tetapi juga bermanfaat. Sayangnya, manfaatnya bisa hilang kalau kamu tidak memilih ukuran yang tepat untuknya.

Cari tahu dulu berapa ukuran mereka sebelum memilih kado-kado seperti ini ya. Untuk kamu yang punya budget berlebih bisa mengajak mereka untuk membelinya dan membiarkan mereka memilih langsung kado yang mereka inginkan.

  1. Kamu bisa memberi kado berupa voucher

Kado wisuda tidak harus selalu berbentuk barang lho. Kado berupa voucher juga sangat menyenangkan untuk mereka. Mahasiswa semester akhir yang mengerjakan skripsi tentu dilanda stress berat dan kekurangan waktu untuk istirahat karena harus begadang sepanjang malam. Berikan mereka waktu bersenang-senang dengan kado berupa voucher massage atau tiket pesawat untuk liburan ke tempat impiannya.

  1. Ajak teman untuk patungan memberi kado

Seperti yang sudah disinggung di atas, jika kamu ingin memberikan kado istimewa tetapi tidak punya cukup dana, jangan ragu untuk mengajak teman-teman yang lain patungan memberi kado. Kado wisuda tidak harus kamu berikan seorang diri kok. Ajak teman-teman satu geng untuk menyiapkan kado wisuda terbaik, sehingga momen ini benar-benar berkesan untuknya.

  1. Cari apa yang diinginkan setelah wisuda

Saat kamu memberikan kado wisuda dan tahu bahwa kado tersebut sangat dibutuhkan dan bermanfaat untuk si penerima, pasti akan memberikan kepuasan tersendiri buatmu. Kamu bisa mencari tahu apa cita-cita dan keinginannya setelah wisuda. Ada orang yang ingin langsung bekerja setelah lulus kuliah, namun ada juga yang ingin melanjutkan studi ke jenjang berikutnya. Dari sini, kamu akan tahu kado apa yang paling tepat untuknya. Kado berupa book planner atau agenda yang bisa bermanfaat untuk mencatat semua kegiatan dan tujuan yang ingin ia lakukan.

  1. Luangkan waktu untuk merayakan bersama

Semahal apapun kado yang kamu berikan, ingatlah bahwa tidak ada yang bisa menggantikan waktu yang dihabiskan bersama-sama. Oleh karena itu, kamu wajib merayakan hari wisuda orang tersayang bersama dengannya. 

Mungkin dengan menginap di rumah mereka, menghabiskan waktu semalaman dengan mengobrol atau menonton film pasti sangat menyenangkan dan bisa jadi kenangan yang tak terlupakan bagi kalian berdua.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply