10 Tips Berkemah di Halaman Belakang Rumah yang Tetap Seru dan Mengasyikkan

Dengan kondisi seperti sekarang ini, berkemah di alam bebas sedikit sulit untuk dilakukan. Namun buat kamu yang sudah terbiasa menghilangkan stress dengan berkemah, ada cara lain yang bisa dilakukan. Dirikan saja tenda di belakang rumah. 

Tanpa perlu keluar dari rumah, kamu sudah bisa menikmati kegiatan yang mengasyikkan. Kamu juga bisa mengajak pasangan untuk berkemah bersama tanpa harus pergi jauh lho. Yuk, simak 10 tips berkemah di halaman rumah sendiri yang tetap seru dan mengasyikkan.

1. Pakai tenda yang biasa digunakan berkemah di alam bebas

Persyaratan utama saat berkemah adalah tenda. Dirikan tenda di halaman belakang yang akan menjadi pusat kegiatan berkemah. Sesuaikan besar tenda dengan jumlah orang yang ikut dalam kegiatan tersebut. Kalau kamu memutuskan untuk berkemah sendiri atau berdua saja, pilih tenda kecil yang tidak sulit untuk dipasang dan dibongkar kembali.

2. Pasang hammock pada pohon

Karena berkemah di belakang rumah, mungkin sebagian dari kamu akan sulit merasakan perbedaannya. Agar suasana kemah makin terasa, pasang hammock di antara dua pohon besar. Kamu bisa bersantai menikmati udara segar sambil bermain gitar seperti saat sedang kemah di alam bebas betulan! Seru banget nggak sih?

3. Batasi penggunaan gadget

Ini dia nih hal yang harus benar-benar diperhatikan. Apabila Anda berkemah dengan pasangan atau sahabat, jadikan momen ini sebagai waktu berkualitas untuk mempererat hubungan. Juga untuk kamu yang kemah sendiri, ini adalah saat untuk me-recharge kembali energimu yang sudah habis untuk pekerjaan dan aktivitas yang lainnya.

Batasi penggunaan gadget, terutama smartphone, semaksimal mungkin selama berkemah. Ini mungkin hal yang sulit dilakukan karena kamu hanya beberapa langkah saja untuk meraih laptop dan tablet yang ada di dalam rumah. Kalau kamu terlalu banyak menggunakan gadget, kamu tidak akan bisa merasakan manfaat berkemah secara utuh.

4. Adakan permainan sederhana

Berkemah tidak akan seru tanpa adanya permainan yang melibatkan semua peserta. Pasang tikar kecil di depan tenda, lalu mulai permainan seperti UNO atau monopoli. Mau yang lebih ekstrim dan asik? Coba saja permainan truth or dare. Permainan ini paling asyik jika dimainkan dengan banyak orang lho!

5. Jangan lupa buat api unggun juga!

Berkemah tidak akan lengkap tanpa adanya api unggun. Meski tempatnya hanya di belakang rumah, jangan lewatkan hal penting yang satu ini. Ketika hari sudah mulai gelap, mulai buat api unggun dari kayu bakar. Ini adalah kegiatan klasik yang wajib ada di setiap kegiatan berkemah.

Jangan hanya berkumpul di sekeliling api unggun saja. Seduh segelas coklat panas dan panggang marshmallow di api unggun. Kegiatan ini dijamin sangat mengasyikkan lho. Apalagi karena kamu berada di ruangan terbuka, udara pasti lebih dingin. Api unggun akan menjaga kamu tetap hangat sepanjang malam.

Jika udara terlalu dingin, jangan ragu untuk mengenakan jaket dan syal. Dijamin rasanya seperti kemah di atas gunung deh!

6. Matikan lampu rumah agar suasana makin terasa

Selain membuat api unggun, matikan lampu di seluruh rumah agar suasana alam semai nyata. Jika hanya dengan api unggun saja masih terasa gelap, pasang string lights atau lampu tumblr di sekitaran tenda untuk menambah cahaya. Dengan demikian, kamu akan lupa bahwa kamu sebenarnya sedang berkemah di belakang rumahmu sendiri!

7. Buat pesta barbeque kecil-kecilan

Selain api unggun, kegiatan apa yang paling dinantikan saat berkemah? Tentu saja pesta barbeque. Ada manfaatnya juga lho karena kamu berkemah di belakang rumah. Kamu tidak perlu jauh-jauh membawa alat barbeque.  Tinggal ambil saja dari dapur, lalu letakkan di dekat tenda. 

Persiapkan juga peralatan lain yang mungkin diperlukan untuk membuat makanan atau minuman. Sebisa mungkin jangan masuk kembali ke dalam rumah setelah mendirikan tenda agar kamu bisa merasakan sensasi berkemah meski tidak meninggalkan tempat tinggalmu.

Meski kamu berkemah di rumah sendiri, menjaga kebersihan tetap penting lho. Jangan merokok sembarangan, apalagi jika kamu berkemah dengan orang lain. Sebagai gantinya, kamu bisa menikmati VELO, kantong nikotin tanpa asap dengan berbagai pilihan rasa yang layak dicoba. Eits, VELO hanya boleh dinikmati oleh mereka yang usianya sudah di atas 18 tahun saja, pengguna produk nikotin, dan bukan perempuan hamil atau menyusui!

8. Bawa gitar dan nyanyi bersama!

Nah, ini dia yang nggak boleh tertinggal. Duduk mengelilingi api unggun sambil bermain gitar dan bernyanyi bersama akan menciptakan kenangan tak terlupakan. Entah kamu berkemah berdua saja dengan pasangan atau ramai-ramai dengan para sahabat, jangan sampai kamu tidak membawa gitar ya. 

9. Atur tempat tidur senyaman mungkin

Salah satu kelebihan berkemah di halaman belakang rumah adalah kamu bisa membawa peralatan tidurmu yang nyaman ke dalam tenda. Tidak perlu pakai sleeping bags, bawa bantal dan selimut dari dalam rumah, lalu tata senyaman mungkin di dalam tenda. Ingat ya, meski sedang berkemah kamu tetap harus mengutamakan kualitas tidur agar tubuh terasa segar keesokan harinya.

10. Siapkan sarapan di pagi hari!

Kegiatan berkemah masih tetap berlangsung sampai keesokan paginya lho. Siapkan menu sarapan khas berkemah seperti roti isi sederhana yang dibuat di atas alat barbeque. Kegiatan ini mungkin sederhana, namun perbedaan rutinitas ini akan memberikan efek relaksasi tersendiri untukmu.

Itu dia beberapa tips berkemah di belakang rumah yang tetap terasa asyik dan menyenangkan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, siap-siap berkemah di akhir pekan!

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply