10 Tips Belajar TOEFL Sendiri Dari Rumah Tanpa Les

Untuk mendapatkan skor tinggi, kamu harus rajin belajar TOEFL. Bagi banyak orang, ini adalah sebuah ujian yang sulit dan tidak jarang mereka harus mencoba selama beberapa kali untuk bisa mencapai skor minimal yang dipersyaratkan oleh sebuah lembaga, baik itu perusahaan atau pendidikan.

Kalau kamu ingin meraih skor TOEFL yang tinggi, tidak harus ikut les kok. Apalagi jika budget yang kamu miliki terbatas. Yuk, simak tips belajar TOEFL sendiri tanpa perlu les!

1. Beli buku panduan TOEFL

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli buku panduan belajar TOEFL. Di dalam buku tersebut kamu bisa menemukan petunjuk lengkap untuk belajar TOEFL. Lembaga les juga menggunakan buku panduan TOEFL, sehingga dengan memahami buku tersebut, sama saja seperti kamu ikut les. Bedanya, kamu tidak memiliki pengajar.

2. Lihat film berbahasa Inggris

Siapa sangka kalau menonton film juga bisa jadi sarana belajar TOEFL yang mengasyikkan. Ini sangat bermanfaat untuk kemampuan listening. Belajarlah untuk tidak melihat film asing tanpa menggunakan subtitle. Dengarkan dengan seksama setiap kata yang diucapkan oleh aktor yang bermain peran dalam film tersebut. Awalnya mungkin kamu sulit memahami, namun seiring berjalannya waktu kemampuanmu pasti akan semakin membaik.

3. Mengerjakan latihan soal

Tahu istilah practice makes perfect kan? Semakin banyak kamu berlatih, maka semakin baik pula kamu dalam menjawab soal TOEFL. Kamu akan tahu apa saja yang perlu diperbaiki melalui jawaban-jawaban yang salah. 

4. Bergabung dengan grup TOEFL di media sosial

Keberadaan media sosial harus kamu manfaatkan dengan baik untuk belajar TOEFL. Bergabunglah dengan grup yang ada di Facebook, WhatsApp, atau Telegram. Di sana kamu bisa bertemu dengan “teman-teman seperjuangan”, belajar bersama, dan saling berbagi kesulitan dalam belajar.

5. Menonton tutorial di YouTube

Sama seperti menonton film, coba deh menonton video tutorial di YouTube. Kamu bisa belajar dari orang-orang yang sudah terlebih dulu menjalani tes TOEFL. Dapatkan tips-tips yang berguna dan akan membantumu dalam mendapatkan skor tinggi.

6. Berbicara bahasa Inggris dengan teman

Jangan sampai kemampuan bahasa Inggrismu hanya sebatas mendapatkan skor yang tinggi di atas kertas saja. Kamu harus bisa menunjukkan kemampuan yang “nyata” dengan cara melatih speaking atau berbicara. Jangan malu dan ragu mengajak teman berbicara dengan bahasa Inggris. Jika temanmu punya skill bahasa Inggris lebih baik, kamu bisa sekalian belajar dari mereka.

7. Luangkan waktu khusus untuk belajar

Untuk bisa segera menguasai bahasa Inggris, kamu harus meluangkan waktu setiap hari untuk belajar. Hanya 1 sampai 2 jam saja sudah cukup kok. Pilih waktu yang paling nyaman untukmu belajar. Boleh pagi, siang, atau malam hari.

Tekun dan telaten adalah kunci kesuksesan. Lebih baik belajar minimal 1 jam setiap hari daripada belajar selama berjam-jam dalam satu hari yang sama.

8. Ikut tes simulasi

Tes simulasi adalah ajang untuk menguji kemampuanmu sebelum mengikuti tes TOEFL yang sesungguhnya. Ada banyak tes simulasi TOEFL yang bisa diikuti di internet lho. Ada yang gratis, ada juga yang mewajibkan kamu untuk membayar.

9. Rajin membaca untuk memperkaya vocabulary

Untuk memperkaya kosakata, kamu harus rajin-rajin membaca buku atau artikel bahasa Inggris. Jika ada kata yang tidak kamu pahami, segera cari tahu artinya di kamus dan bagaimana cara penggunaannya dalam kalimat.

10. Jadikan titik lemahmu sebagai kekuatan

Selama belajar sendiri, kamu pasti tahu apa kelemahanmu. Jangan putus asa, tapi jadikan itu sebagai kekuatanmu. Jika kamu paling lemah dalam listening, maka tambah porsinya saat belajar. Seiring berjalannya waktu, skill-mu pasti akan semakin baik.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply