10 Strategi Pemasaran yang Bisa Memberikan Keuntungan

Jika penjualan produk adalah penentu keuntungan sebuah bisnis, maka strategi pemasaran adalah alat untuk meningkatkan penjualan tersebut. Bagaimana cara sebuah bisnis atau perusahaan memasarkan produk yang mereka miliki terkadang jauh lebih penting ketimbang jenis atau kualitas produk itu sendiri.

Sayangnya, tidak semua pebisnis tahu bagaimana cara menerapkan strategi yang jitu dalam memasarkan produk mereka. Yuk, simak berbagai tips strategi pemasaran yang dapat memberikan keuntungan jika diterapkan dengan baik berikut ini.

1. Mengenali pelanggan dengan baik

Mengenali pelanggan sangat penting untuk memasarkan produk secara efektif. Pelanggan adalah mereka yang akan membeli dan menggunakan produkmu. kelompokkan pelanggan sesuai dengan usia, demografi, gender, hobi, dan lain sebagainya.

Dengan mengenali calon pelanggan, lebih mudah bagi kamu untuk fokus dalam menciptakan produk bagi target pasar. Kamu tidak mungkin bisa menjangkau semua orang, sehingga lebih baik fokus saja pada kalangan tertentu.

2. Menciptakan produk inovatif dan dibutuhkan pelanggan

Produk yang kamu ciptakan harus inovatif dan dibutuhkan oleh pelanggan, tidak boleh hanya salah satunya saja. Percuma memiliki produk yang inovatif namun pelanggan tidak membutuhkannya, juga sebaliknya. Produkmu dibutuhkan pelanggan, namun ada kompetitor yang menciptakan inovasi lebih baik.

Dengan produk yang berkualitas dan inovatif, maka kamu pun semakin percaya diri dalam membujuk calon pelanggan untuk membeli produkmu. Meskipun kamu masih menjual produk orang lain dan belum bisa menciptakan produkmu sendiri, kamu harus memastikan kualitas produk tersebut memang baik.

3. Melakukan promosi yang bagus

Setelah memiliki produk yang bagus, metode pemasaran yang harus dilakukan harus bisa membujuk pelanggan untuk membeli dan menggunakan produk tersebut. Promosi yang dilakukan harus dengan berbagai macam metode yang ada.

Mulai dari strategi pemasaran konvensional hingga pemasaran online melalui media sosial hingga marketplace yang ada. Buat konten-konten yang menarik untuk menarik perhatian calon pelanggan.

4. Memilih lokasi strategis

Buat kamu yang tidak berjualan produk secara online, maka memilih lokasi yang strategis sangat penting. Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam menentukan tempat usahamu. Pastikan kamu sudah melakukan survei terlebih dahulu.

Misalnya, kamu memilih lokasi usaha yang berada di tengah perkotaan agar mudah diakses oleh siapa saja. Atau mungkin lokasi yang berdekatan dengan calon pelangganmu. Semakin mudah bisnismu dijangkau, maka semakin besar pula potensi untuk menjaring pelanggan yang lebih besar lagi.

5. Menyusun anggaran yang efektif

Menerapkan strategi pemasaran yang tepat membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Semua promosi yang kamu lakukan tentu memerlukan dana agar bisa berjalan secara maksimal. Tentu saja ada beberapa metode promosi gratis yang bisa kamu manfaatkan, misalnya melalui media sosial.

Namun jika kamu mulai melakukan endorsement atau memasang iklan, semua itu tidak gratis. Agar promosi yang kamu lakukan bisa berjalan dengan sangat efektif, kamu juga harus menyusun anggaran yang efektif pula. Apalagi jika bisnismu masih baru dimulai dan dana yang dimiliki terbatas, semua harus diperhitungkan dengan baik.

6. Membangun relasi yang baik dengan pelanggan

Istilah pembeli adalah raja tidak boleh disepelekan dalam pemasaran karena hal ini memang benar adanya. Jangan hanya menjangkau pelanggan saja, kamu juga harus bisa menjaga hubungan baik dengan mereka.

Caranya adalah dengan terus menerima kritik dan saran yang mereka berikan, mengadakan berbagai macam event dengan memberikan hadiah atau potongan harga untuk mereka, voucher gratis, dan masih banyak lagi. Pelanggan yang dilayani dengan baik akan dengan senang hati memberikan kesetiaan mereka untuk bisnismu.

7. Mengikuti tren yang ada

Tren di masyarakat akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Kamu harus bisa menjadi orang yang luwes dan tidak kaku dalam menerapkan strategi pemasaran. Terus ikuti tren yang ada dan sesuaikan model promosi yang kamu lakukan dengan tren tersebut.

Misalnya dengan mengangkat isu-isu yang sedang hangat dibicarakan pada saat itu dan mengangkatnya sebagai alat untuk promosi produkmu. Jika kamu terus saja kaku dan tidak menyesuaikan diri dengan perubahan ada, pelanggan akan menganggapmu ketinggalan zaman dan bisa-bisa lari ke kompetitor yang lebih bisa mengikuti tren terbaru.

8. Promosi melalui media sosial

Ini dia yang sekarang sedang gencar dilakukan semua orang. Promosi lewat media sosial tidak bisa dipungkiri memang menjadi salah satu hal yang sangat penting. Ini karena pengguna media sosial di Indonesia sangat besar. Manfaatkan semua media sosial yang ada mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan lain sebagainya.

9. Mengaktifkan email marketing

Email marketing adalah cara lain yang bisa dilakukan untuk menjangkau pelanggan. Promosikan produk baru, promo produk, hingga event yang sedang kamu adakan melalui email yang dikirim ke semua pelanggan secara acak. Biasanya email seperti ini akan masuk ke tab promosi, namun jika itu sesuatu yang mereka butuhkan, pelanggan tetap akan membuka dan membacanya.

10. Melakukan endorsement

Endorsement dengan mengajak influencer untuk bekerja sama juga merupakan sarana promosi yang tepat. Namun kamu harus menyiapkan dana khusus untuk melakukan hal ini. Pastikan kamu memilih orang yang tepat, yang sesuai dengan nilai-nilai bisnismu dan sesuai dengan citra yang ingin kamu bentuk di kalangan pelanggan.

Strategi pemasaran yang tepat memang sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Namun demikian, strategi ini harus fleksibel dan bisa terus berubah sesuai dengan keadaan saat itu.

VELO sebagai brand baru di Indonesia pun tidak hentinya menerapkan strategi pemasaran yang efektif agar semakin dikenal luas. VELO adalah produk nikotin pertama di Indonesia yang menawarkan cara baru untuk menikmati nikotin.

Jika dulu nikotin hanya bisa dinikmati melalui rokok, namun dengan adanya VELO kamu dapat menikmati nikotin tanpa khawatir akan adanya asap yang mengganggu kenyamanan orang di sekitar.

Hanya saja VELO adalah produk terbatas yang hanya boleh digunakan pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun ke atas, bukan perempuan hamil atau menyusui. Cukup selipkan satu kantong kecil VELO di sela gusi atas dan bibir, lalu rasakan sensasinya selama 15 sampai 20 menit ke depan.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply