10 Manfaat Podcast yang Bisa Kamu Dapetin

Siapa sih yang kini tidak kenal dengan podcast? Rekaman atau siaran yang berisi percakapan dan rekaman yang dibacakan oleh penyiar ini sedang sangat populer saat ini. Kamu bisa mendengarkan podcast melalui aplikasi seperti Spotify hingga YouTube.  

Karena podcast memiliki genre yang hampir tidak terbatas, kamu bisa menemukan podcast yang sesuai dengan minatmu. Mulai dari podcast yang membahas tentang musik, film, buku, finansial, hingga politik semuanya ada. 

Podcast bukan sekedar hiburan lho. Di era digital seperti saat ini, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mendengarkan podcast. Apa aja sih? Yuk, simak manfaat dalam artikel berikut ini! 

1. Belajar ilmu baru dengan cara yang menyenangkan 

Seperti yang sudah disinggung di atas, podcast memiliki banyak genre yang bisa memberikan kamu ragam informasi apa saja. Mulai dari informasi ringan untuk kehidupan sehari-hari hingga ilmu pengetahuan berbobot yang berguna untuk menunjang pekerjaan atau pendidikanmu. 

Banyak lho podcast yang mendatangkan para ahli sebagai tamu atau pembicara, sehingga kamu tidak perlu meragukan akurasi dari informasi yang diberikan. Bukan sekedar opini, namun fakta yang sesungguhnya. Hebatnya lagi, semua ilmu dan informasi tersebut bisa kamu dapatkan secara gratis! 

2. Mengisi waktu dengan produktif 

Salah satu keunggulan dari podcast adalah bisa didengarkan kapan saja dan dimana saja. Kamu bahkan bisa mengaksesnya tanpa koneksi internet jika sudah mengunduh podcast tersebut ke smartphone.  

Kini saat kamu sedang dalam perjalanan menuju kantor, menunggu kopi pesananmu diantar, atau antri di kasir, kamu bisa mengisinya dengan mendengarkan podcast. Kamu juga bisa mendengarkannya saat sedang mandi atau bersiap di pagi hari. 

3. Menstimulasi kerja otak 

Tahukah kamu bahwa mendengarkan podcast bisa memberikan stimulus yang sama seperti saat kamu membaca buku? Setidaknya itulah hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Sage Publication seperti yang dimuat di situs entrepreneur.com.  

Ketika kamu mendengarkan podcast dan membaca buku, otak menerima rangsangan yang sama untuk menerima informasi. Gambar yang dihasilkan oleh otak jauh lebih cepat dan jelas ketika kamu mendengarkan podcast dibanding membaca buku. 

4. Jadi teman saat kamu sedang sendirian 

Apa yang kamu lakukan saat kamu sedang sendirian? Banyak orang tentu menonton film atau video agar tidak merasa kesepian. Selain dua hal itu, kini kamu juga bisa mengisi saat-saat sendiri dengan memutar podcast

Apalagi kalau yang kamu pilih adalah podcast dengan bahasan ringan berbumbu komedi. Tidak hanya terhibur, stress dan ketegangan yang kamu rasakan juga akan ikut hilang. 

5. Belajar bahasa lain secara gratis 

Kalau kamu ingin belajar bahasa asing secara gratis, tinggal dengarkan saja podcast mancanegara. Dengan pembicara yang merupakan native speaker, kamu bisa melatih kemampuan listening-mu.  

Kamu juga bisa memperkaya vocabulary. Ini tidak hanya berlaku untuk bahasa Inggris saja, tetapi juga bahasa asing lainnya. 

6. Melepaskan diri dari ketergantungan gadget 

Menghabiskan banyak waktu dengan memainkan gadget tidak hanya berdampak buruk pada produktivitas, tetapi juga kesehatan matamu. Dengan mendengarkan podcast, kamu bisa melepaskan diri sejenak dari gadget dan memberikan matamu kesempatan untuk beristirahat. 

Tinggal nyalakan podcast favoritmu, lalu letakkan gadget sambil kamu bersantai atau melakukan aktivitas lainnya. 

7. Sarana pengembangan diri yang efektif 

Pengembangan diri merupakan salah satu topik yang menarik bagi banyak orang. Kini kamu bisa belajar pengembangan diri melalui podcast juga lho. Misalnya buat kamu yang bersiap memasuki dunia kerja, ingin meniti karir tertentu, hingga mengasah skill baru. 

Kamu bisa mencari podcast yang membahas tentang bidang studi atau pekerjaan tertentu dan menggali banyak informasi dari sana. Sebagai contoh, kamu ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Dengarkan saja podcast yang membahas seputar tips diterima di lembaga pendidikan mancanegara hingga bagaimana cara beradaptasi dengan kehidupan dan budaya yang baru. 

8. Memberikan inspirasi baru untuk kreativitas 

Kamu yang bekerja di bidang kreatif pasti sering mengalami yang namanya creative block. Kalau sudah begini, kamu harus berhenti sejenak dan mencari inspirasi baru untuk mengembangkan kreativitas. 

Inspirasi bisa ditemukan melalui banyak cara, termasuk mendengarkan podcast. Saat kamu mendengar satu topik yang dibahas dari berbagai sudut pandang yang berbeda, tentu akan banyak ide baru yang bermunculan. Ini juga membuatmu menjadi pribadi yang lebih kritis dalam menyikapi berbagai hal. 

9. Melatih skill mendengarkan dengan baik 

Saat kamu memutar podcast, maka ada dua hal yang harus kamu lakukan: fokus dan mendengarkan. Dengan podcast, kamu akan belajar untuk mendengarkan orang lain dan meresapi apa yang mereka katakan. 

Selanjutnya, kamu akan menggambarnya dalam imajinasimu dan membuat sebuah cerita daru apa yang kamu dengar. Percaya atau tidak, skill seperti ini sangat berguna dalam hidupmu nantinya. 

10. Alternatif jika kamu bosan mendengarkan musik 

Jika kamu merasa bosan mendengarkan musik, ganti saja dengan podcast. Sama halnya seperti lagu favorit yang bisa kamu putar di mana saja, podcast juga demikian. Tidak jarang podcast juga dijadikan teman untuk bekerja lho.  

Kamu bisa mendengarkan podcast kapan saja dan di mana saja. Misalnya saat bersiap-siap untuk beraktivitas di pagi hari hingga saat dalam perjalanan. Tentunya kamu juga bisa mendengarkan podcast sambil merasakan sensasi nikotin yang menyenangkan dari VELO. 

Pastikan kamu sudah berusia minimal 18 tahun ya, pengguna produk nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. VELO merupakan kantong nikotin pertama di Indonesia yang tersedia dalam berbagai macam pilihan rasa. Cukup dengan menyelipkan satu kantong kecil VELO di sela-sela bibir dan gusi bagian atas, kamu bisa rasakan sensasi  nikotin selama 20 hingga 30 menit.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply