10 Lembah di Indonesia dengan Pemandangan Terindah

Bisa dibilang negara kita Indonesia memiliki kekayaan yang lengkap banget, mulai dari budaya, tradisi, pariwisata, dan sumber alam yang melimpah. Keindahan alamnya pun juga tidak perlu diragukan lagi, pantai yang indah, pegunungan yang menjulang, hingga deretan lembah di Indonesia dengan pemandangan terindah.

Lembah-lembah di Indonesia umumnya sudah banyak dikembangkan menjadi objek wisata. Namun, sebagian masih dibiarkan untuk menghormati penduduk suku lokal yang hidup disana. Nah, buat kamu yang penasaran dengan deretan lembah-lembah terindah yang ada di Indonesia. Berikut 10 lembah terindah yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur atau sekedar menyaksikan keindahan:

1.     Lembah Harau

Menjadi salah satu lembah dengan pemandangan terindah di Indonesia, Lembah Harau memang memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Berada di Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Utara, lembah Harau menjadi destinasi wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan.

Disana kamu bisa melihat tebing-tebing yang tinggi dengan pemandangan yang asri. Suasananya pun juga sangat tenang dengan udara yang masih sangat bersih. Selain dimanjakan dengan pemandangan lembah yang hijau, pengunjung juga dapat melihat area persawahan, pemukiman warga, dan juga air terjun dari kejauhan.

2.     Lembah Baliem

Berada di kawasan Pegunungan Jayawijaya, Lembah Baliem juga menjadi lembah dengan pemandangan terindah yang dimiliki Indonesia. Memiliki ketinggian hingga 1.600 Mdpl dan membentang sangat luas, lembah ini juga banyak dikunjungi para wisatawan.

Biasanya, di bulan Agustu, kawasan lembah dijadikan sebagai acara untuk menggelar perang antar suku. Jika beruntung, kamu bisa melihat pertunjukan perang antar Suku Lani, Suku Dani, dan Suku Yali yang hanya diadakan satu kali dalam setahun.

3.     Lembah Sianok

Lembah Sianok atau yang lebih dikenal Ngarai Sianok juga memiliki pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Berada di kawasan Taman Panorama, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Lembah yang memiliki patahan sedalam 100 m dan lebar 200m ini juga menjadi objek wisata andalan.

Pemandangan bukit yang indah, ditambah hijaunya area persawahan membuat pengunjung sangat dimanjakan dengan pesona alam disana. Kalian juga bisa menikmati keindahan aliran sungai dengan air yang masih sangat jernih dan bersih.

4.     Lembah Bada

Berbeda dari kebanyakan lembah yang hanya memiliki pemandangan hijau, Lembah Bada yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah ini menyuguhkan pemandangan lain yang tak biasa. Jika kalian kesana, kalian akan dimanjakan dengan deretan patung-patung megalitikum yang masih berdiri kokoh.

Konon katanya, patung-patung ini sudah ada sejak abad ke 14. Meskipun sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, namun keberadaan patung-patung ini masih sangat terjaga. Buat kalian yang bingung menghabiskan waktu akhir pekan, rasanya berkunjung ke Lembah Bada bisa menjadi solusinya.

5.     Lembah Kidang

Kidang atau Lembah Kijang juga memiliki panorama alam yang sangat luar biasa. Lembah yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kota Batu ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur.

Meskipun untuk bisa menikmati keindahan lembah kalian harus melewati jalur yang cukup panjang dan melelahkan. Namun, jangan kuatir! Perjalanan panjang kalian akan terbayar lunas dengan pemandangan lembah yang sangat menakjubkan. Untuk bisa sampai ke lembah ini kalian harus melewati jalur pendakian Gunung Arjuno.

6.     Lembah Ramma

Berada di kawasan Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, lembah yang memiliki pesona alam luar biasa ini juga menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Meskipun jalur yang dilalui tidak mudah, namun tidak mengurangi semangat para pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan panorama alam disana.

Jejeran bukit yang tinggi dengan area persawahan yang luas akan memanjakan mata kalian. Disana kalian juga dimanjakan dengan pemandangan aliran sungai kecil yang menambah keasrian. Udara sejuk dan suasana tenang juga bisa kalian rasakan.

7.     Lembah Kahung

Lembah Kahung juga menjadi salah satu lembah terindah di Indonesia. Berada di daerah Bandar, Kalimantan Selatan, lembah ini juga memiliki pesona alam yang masih sangat terjaga. Untuk bisa sampai ke lembah ini, pengunjung bisa menggunakan kelotok atau perahu motor.

Perjalanan panjang yang cukup melelahkan seketika terbayar ketika kamu masuk ke kawasan lembah. Pemandangan hijau, udara yang sejuk, dan suasana yang tenang seketika menghilangkan rasa lelahmu saat perjalanan. Bukan hanya itu, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang sangat indah.

8.     Lembah Posong

Bukan hanya memiliki pemandangan yang indah saja, namun juga menjadi objek wisata yang tak pernah sepi dari pengunjung. Lembah yang berada di Kec. Kledung, Kab. Temanggung, Jawa Tengah ini banyak dijadikan sebagai tempat untuk berburu spot foto.

Kalian juga bisa menikmati keindahan sunrise dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Kalau kesini, jangan lupa bawa pakaian tebal ya, karena suhu disini sangat dingin hingga mencapai 11 derajat celcius.

9.     Lembah Selo

Berada di Desa Kedungboto, Kec. Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah, Lembah Selo juga memiliki pemandangan alam yang sangat cantik. Lembah ini dipenuhi bebatuan unik yang bisa menjadi spot foto penarik. Banyak pengunjung yang datang untuk mengabadikan momen indah di lembah ini.

10.Lembah Anai

Jika kebanyakan lembah di Indonesia menawarkan pesona alam dengan bukit yang tinggi dan pemandangan hijau, maka berbeda dengan Lembah Anai. Lembah ini hanya menawarkan keindahan air terjun dengan tinggi 35 meter. Lokasinya pun juga berada di kawasan ramai, yaitu Trans Sumatera. Lembah ini masuk dalam Kawasan Taman Nasional Anai.

Buat kalian yang bingung mencari objek wisata alam dengan pemandangan terindah. Deretan lembah di atas bisa menjadi pilihannya. Biar liburan juga nggak membosankan, VELO bisa menjadi cara seru buat merasakan nikmatnya sensasi nikotin. VELO adalah kantong nikotin untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas, pengguna produk nikotin, bukan wanita hamil atau menyusui. Praktis, bisa dinikmati kapan saja, dimana saja. Cukup ambil 1 kantong VELO, letakkan di antara gusi dan mulut bagian atas, rasakan sensasinya 20 – 30 menit.

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply