10 Karakteristik INFJ, Tipe Paling Langka Dalam Tes Kepribadian MBTI

Ada banyak cara untuk memahami diri sendiri maupun orang lain, salah satunya adalah dengan melihat kepribadian mereka. Beberapa tahun terakhir ini, tes kepribadian MBTI termasuk sebagai tes yang dinilai paling akurat dalam mendeskripsikan karakteristik seseorang. Namun tahukah kamu dari 16 tipe kepribadian yang ada, ada satu kepribadian yang sangat langka, karena hanya 1-3% dari seluruh populasi di dunia saja yang memilikinya. 

INFJ yang merupakan terdiri dari Introversion (I), Intuition (N), Feeling (F), dan Judgement (J) adalah gabungan dari kepribadian yang introvert, namun berorientasi pada orang lain. Emosional dan rasional, sangat hati-hati namun terkadang spontan, sehingga INFJ sering disebut sebagai kontradiksi yang berjalan. 

Nah, apa saja sih karakteristik khusus dari kepribadian yang sangat langka ini?

  1. Berada pada gelombang yang berbeda

INFJ sering dianggap asing oleh banyak orang. Ini karena mereka berada di gelombang yang berbeda dengan kebanyakan orang lain. INFJ punya dua sisi yang berlawanan dalam diri mereka, yakni tertutup (introverted) namun juga berorientasi pada orang lain.  Kaum INFJ sering mendapatkan “intuisi” yang sulit dipahami oleh orang-orang di sekitar mereka. Mereka sendiri tidak tahu bagaimana cara menjelaskan “indera keenam” yang mereka miliki ini, sehingga INFJ sering merasa terasingkan dan salah memahami mereka.

  1. Sangat tanggap terhadap orang lain

Satu kelebihan INFJ adalah mampu membaca orang lain dengan cepat dan tepat, sehingga mereka tidak kesulitan memahami kondisi emosi seseorang. Sayangnya, orang lain tidak bisa melakukan hal yang sama terhadap mereka.

Meski INFJ adalah tipe yang tanggap dan perhatian pada orang lain, mereka sering melewatkan detail kecil seperti tanggal ulang tahun atau makanan favorit seseorang. INFJ adalah orang yang sering melewatkan detail, namun punya kemampuan memahami yang sangat hebat. Jangan heran kalau INFJ bisa mendeteksi apakah seseorang sedang berbohong!

  1. Mampu menyerap emosi orang lain

Karakteristik unik lain dari INFJ adalah bagaimana mereka mampu menyerap emosi orang lain seolah emosi tersebut ada dalam diri mereka sendiri. Dalam tes kepribadian MBTI, hanya INFJ yang memiliki sifat seperti ini. INFJ bisa merasa marah secara tiba-tiba hanya karena ia melihat ekspresi kemarahan dari orang yang ada di dekatnya. Semakin seseorang dekat dengan INFJ secara emosional, maka semakin mudah pula mereka untuk menyerap emosinya.

  1. Memiliki kemampuan memprediksi yang luar biasa

Terkadang, INFJ bisa jadi seperti cenayang atau peramal karena kemampuan mereka yang luar biasa dalam memprediksi sebuah kejadian. Intuisi mereka yang kuat membuat mereka mudah mengenali gambaran umum, melihat pola-pola, dan membuat prediksi masa depan berdasarkan semua hal mereka lihat dan mereka rasakan. Seorang INFJ yang sudah dewasa bisa menggunakan kemampuan unik mereka dengan sangat baik.

  1. Emosional dan rasional secara bersamaan

Dua kontradiksi inilah yang membuat INFJ begitu unik. Dalam tes kepribadian MBTI, INFJ punya “kembaran” yaitu INTJ. Bedanya, INTJ lebih menggunakan pikiran (Thinking) dibandingkan perasaan (Feeling). Dua perpaduan yang tidak biasa ini membuat INFJ menjadi seseorang yang analitis namun juga ilmiah. INFJ akan punya karir yang cukup menjanjikan di bidang riset dan sains berkat kemampuan unik ini.

  1. Pencipta keintiman emosional mendalam

INFJ sering terlihat tertutup dan pemalu di hadapan orang asing atau orang lain tidak terlalu mereka kenal. Padahal, INFJ adalah orang yang sangat bisa merasakan emosi orang lain lho. Hanya saja, butuh waktu bagi mereka untuk menunjukkan sisi ini di depan orang lain. Kemampuan mereka untuk merasakan emosi orang lain membuat mereka dengan mudah menciptakan sebuah hubungan yang intim dan erat dengan siapa saja. Ini adalah salah satu kekuatan terbesar para INFJ.

  1. Introvert sejati

Kita semua tahu bahwa semua kepribadian yang berawalan “I” adalah orang-orang yang introvert. Namun bagi INFJ, mereka disebut sebagai introvert yang ekstrovert karena mereka bisa jadi orang yang berapi-api dan antusias saat ngobrol dengan orang yang mereka rasa nyaman. Meskipun demikian, INFJ adalah seorang introvert sejati yang lebih menyukai kedekatan dengan sedikit orang dibandingkan mengenal banyak orang. Mereka juga butuh banyak waktu untuk me-recharge diri mereka.

  1. Sensitif pada konflik

INFJ selalu berusaha untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain, sehingga adanya perselisihan akan membuat mereka tertekan, terutama dengan orang-orang terdekat mereka. INFJ akan mengalami sulit tidur, sakit perut, nyeri otot, hingga sakit kepala saat sedang bertengkar dengan orang dekat mereka. Namun bukan berarti INFJ harus menghindari konflik selamanya.

  1. Sering bertepuk sebelah tangan

Dalam tes kepribadian MBTI, INFJ dikenal sebagai pendengar yang hebat. Mereka bahkan mampu menciptakan keterikatan emosi yang mendalam dengan orang lain. Namun ini artinya INFJ juga sering bertepuk sebelah tangan karena sering memberi lebih banyak dari apa yang mereka terima. Contohnya, INFJ selalu menjadi pendengar yang baik namun sulit didengar oleh orang lain. Jika ini terjadi, INFJ akan menerimanya dengan lapang dada karena mereka tidak ingin menyakiti perasaan orang lain.

  1. Mencari belahan jiwa mereka

Meski INFJ mudah memahami orang lain, namun sulit untuk memahami mereka. Itulah mengapa INFJ selalu mencari seseorang yang bisa “klik” dengan kepribadian uniknya dalam sebuah hubungan. Sayangnya, sulit bagi INFJ untuk menciptakan hubungan yang mereka impikan. Sehingga ketika mereka menemukan sang belahan jiwa, hal tersebut dianggap sebagai keajaiban.

Ngomong-ngomong, apa kamu pernah menjalani tes MBTI? Apa jenis kepribadianmu? Banyak orang melakukan tes MBTI berulang kali untuk meyakinkan jawaban mereka. Jika kamu belum pernah, kini saatnya untuk mencoba. Banyak kok tes MBTI online yang bisa kamu ambil secara gratis.

Buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, kamu bisa mengerjakan tes kepribadian MBTI sambil menikmati satu kantong nikotin VELO untuk menjagamu tetap fokus. Produk inovatif yang satu ini akan memberikan sensasi nikotin tanpa menimbulkan asap lho.

Sangat praktis, tinggal pop, set and go! Cukup selipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga setengah jam. Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera. Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply