10 Karakteristik Generasi Z yang Bikin Mereka Jadi Bibit Unggul

Generasi Z kini memasuki usia produktif yang membuat mereka menjadi salah satu pemain utama di dunia modern ini. Tumbuh dengan kecanggihan teknologi, karakteristik Generasi Z tentu sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Ini dia ciri-ciri dari Generasi Z yang membuat mereka menjadi bibit unggul di masa depan.

  1. Lebih melek finansial

Generasi Z tidak menganut paham bahwa pekerjaan harus sesuatu yang kamu cintai. Mereka paham bahwa tujuan bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan finansial. Sehingga mereka lebih memilih untuk mencintai pekerjaan dibandingkan melakukan pekerjaan yang dicintai. Dengan demikian, Gen Z menjadi generasi yang sangat melek terhadap finansial. Kebanyakan dari mereka memilih pekerjaan yang stabil untuk masa depan.

  1. Punya jiwa pengusaha yang tinggi

Tumbuh di tengah-tengah kecanggihan teknologi dan era digital membuat Generasi Z memiliki jiwa pengusaha yang tinggi. Mereka tidak takut untuk mengembangkan ide-ide liar dan mencoba untuk mewujudkannya. Gen Z sadar bahwa apapun yang tidak mereka ketahui tinggal dicari saja di internet. Ide untuk menjadi seorang pengusaha di usia muda menjadi sesuatu yang tidak lagi asing bagi kaum Gen Z.

  1. Sangat dekat dengan teknologi

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang harus beradaptasi dengan kecanggihan teknologi, Gen Z terlahir dengan internet dan teknologi yang sudah tercipta. Keakraban dengan teknologi ini membuat mereka tidak bisa lepas darinya. Penggunaan smartphone menjadi sesuatu yang wajib, meski fungsinya hanya sekedar hiburan. Gen Z juga memanfaatkan internet dengan sangat baik, terutama untuk mencari informasi yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya.

  1. Suka bersosialisasi

Gen Z sangat suka berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Namun mereka tidak perlu harus bertemu secara langsung untuk ngobrol. Berkat kecanggihan teknologi, mereka tetap bisa menjalin kedekatan melalui video call. Sehingga dimana saja dan kapan saja, mereka tetap bisa berkomunikasi dengan orang-orang tersayang. Bagi mereka yang akrab dengan teknologi, cara ini sangat wajar untuk dilakukan karena tidak mengurangi esensi dari interaksi itu sendiri. Sayangnya, hal ini kerap dianggap sebagai sesuatu yang negatif oleh generasi yang lebih tua. 

  1. Ambisius dan kompetitif

Satu karakteristik Generasi Z yang sangat menonjol adalah jiwa kompetitif tinggi dan ambisi yang besar dalam semua bidang. Mulai dari masuk ke sekolah terbaik, mendapatkan pekerjaan dengan bayaran tertinggi, hingga sekedar memenangkan argumen dengan orang lain. Hal ini membuat Gen Z selalu memberikan yang terbaik dalam segala hal yang mereka lakukan.

  1. Menerima perubahan dengan baik

Gen Z adalah generasi yang dekat dengan perubahan. Akses yang tidak terbatas pada semua informasi dari berbagai belahan dunia membuat mereka selalu mendengar dan membaca banyak hal baru. Inilah yang kemudian membuat Gen Z dapat menerima perubahan dengan baik. Mereka bisa berubah pikiran dalam waktu singkat, bergerak dengan begitu cepat hingga terlihat mengherankan bagi orang-orang di sekelilingnya.

  1. Lebih suka bekerja mandiri

Salah satu hal yang patut ditiru dari Generasi Z adalah kemandirian mereka. Gen Z lebih suka bekerja mandiri dibandingkan bersama dengan orang lain. Faktor penyebabnya tentu adalah jiwa kompetitif dan ambisi yang sangat besar dalam diri mereka. Gen Z lebih suka menentukan nasib mereka sendiri dibandingkan harus menggantungkan diri kepada orang lain. Model bekerja seperti ini jauh berbeda dibandingkan generasi sebelumnya yang lebih suka bekerja bersama tim.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply