10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri dan Mencintai Dirimu

Seperti apa sih cara membahagiakan diri sendiri? Meski ini terdengar sepele, banyak orang yang cenderung mengabaikan kebahagiaan diri mereka lho. Padahal membahagiakan dan mencintai diri sendiri itu sangat penting.

Membahagiakan diri tidak harus melalui tindakan atau perbuatan, namun bisa juga dengan mengubah pola pikir agar semakin positif sehingga berdampak baik juga untuk hidupmu. Ini dia beberapa cara membahagiakan diri sendiri yang bisa kamu lakukan.

1. Hilangkan tuntutan untuk selalu tampil sempurna

Tidak ada manusia sempurna dan kesempurnaan adalah sesuatu yang mustahil. Jadi jangan pernah kamu menuntut dirimu untuk selalu sempurna atau memandang orang lain lebih sempurna. Kamu tidak akan pernah menjadi sempurna, namun ketidaksempurnaan adalah bentuk yang harus kamu syukuri.

2. Jangan berusaha memenuhi ekspektasi orang lain

Sampai kapanpun, kamu tidak akan pernah bisa memenuhi standar dan ekspektasi orang lain. Bahkan ketika kamu sudah berhasil pun, akan ada standar baru lagi yang harus kamu penuhi. Jangan membandingkan dirimu dengan standar yang ditetapkan orang lain. Hiduplah dengan cara yang membuatmu merasa bahagia.

3. Maksimalkan setiap momen yang ada

Lakukan yang terbaik di setiap momen yang menghampirimu. Setelah itu, berhentilah sejenak dan lihat ke dalam dirimu. Lihatlah dirimu yang masih hidup dan bernapas. Itu merupakan bentuk kemewahan yang bisa kamu nikmati setiap saat. Oleh karena itu, jangan pernah menyia-nyiakan setiap kesempatan dan berikan yang terbaik yang bisa kamu lakukan.

4. Bersyukurlah setiap hari

Bersyukur adalah kunci kebahagiaan. Mulailah untuk membuat jurnal khusus bersyukur. Setiap malam sebelum kamu tidur, tuliskan 3 hal yang kamu syukuri hari itu. Misalnya, kamu bisa memakan makanan kesukaanmu hari ini atau bertemu dengan orang yang baru. Biasakan dirimu untuk mensyukuri hal-hal yang kecil sekalipun.

5. Akui bahwa kamu tidak bisa mengendalikan segalanya

Kamu hanya bisa mengendalikan dirimu sendiri. Di luar itu, tidak ada yang bisa kamu kendalikan. Hidup bukan tentang mengendalikan sesuatu, tapi bagaimana kamu memberikan reaksi atas setiap hal yang terjadi di hidupmu. Untuk hal-hal yang kamu tidak bisa kendalikan, serahkan semuanya pada Tuhan.

6. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Meluangkan waktu untuk diri sendiri dan menutup diri dari dunia luar untuk sesaat bukanlah bentuk keegoisan. Namun inilah caramu untuk mencintai diri sendiri dan berbuat baik kepada dirimu.

Jika kamu sering meluangkan waktu sendiri dan mencoba mengenal dirimu lebih dekat, maka kamu akan menjadi seseorang yang lebih bahagia.

7. Tanyakan kondisi dirimu setiap hari

Ini berbeda dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri lho. Setiap hari, sisihkan waktu 5 sampai 10 menit untuk menanyakan pada dirimu, bagaimana kabarmu hari ini, apa yang kamu rasakan? Emosi apa yang ada dalam dirimu.

Jangan pernah mengabaikan perasaanmu, sekecil apapun itu. Akuilah setiap hal kecil yang terjadi dalam dirimu. Mengabaikan perasaan sama seperti menyimpan bom waktu yang bisa meledak setiap saat. Dengan begini kamu akan lebih siap untuk melangkah maju ke depan.

Ada banyak cara mengisi hari mulai dari hal-hal yang kecil saja, misalnya dengan membiarkan dirimu menikmati sekantong kecil VELO di sela-sela melakukan aktivitas. Buat kamu yang sudah berusia di atas 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui, sensasi VELO bisa dicoba.

Karena tidak menimbulkan asap, VELO bisa digunakan kapan saja dan di mana saja saat kamu sedang beraktivitas. Bersiaplah untuk selalu membawa VELO ke mana saja kamu pergi!

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply